Titik Panas Muncul di Riau Sehari usai Dicek Panglima TNI dan Kapolri

Titik Panas Muncul di Riau Sehari usai Dicek Panglima TNI dan Kapolri

14 Maret 2019
Ilustrasi Karhutla (Dok Riau1.com)

Ilustrasi Karhutla (Dok Riau1.com)

RIAU1.COM -Titik panas (Hotspot) terdeteksi muncul di Provinsi Riau, Kamis 14 Maret 2019 pagi. Menurut pantauan citra satelit, ada tiga hotspot dengan level confidence (Kepercayaan, red) di atas 50 persen terdapat di Riau.

Tiga titik panas itu, berada di Kabupaten Bengkalis, Riau. Demikian data yang dirangkum dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Kamis pagi.

Dari tiga hotspot tersebut, satu diantaranya adalah titik api (Firespot), karena hasil pengamatan memiliki level confidence di atas 70 persen. Hotspot yang berkemungkinan titik api itu terdapat di Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.

Di Riau, titik panas muncul dari area Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan). Penanganan dan pencegahan Karhutla, juga menjadi fokus seluruh stake holder di Riau, mulai dari upaya pemadaman hingga langkah penegakkan hukum.

Peristiwa Karhutla di Riau juga turut jadi atensi pusat. Bahkan kemarin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal M Tito Karnavian terbang dari Jakarta ke Riau, dan langsung bertolak ke Bengkalis guna meninjau penanganan Karhutla di sana.

Dua jenderal bintang empat ini juga melakukan tinjauan dari udara, dan tidak ditemukan lagi adanya titik api. Meski demikian, pasukan penanganan Karhutla masih disiagakan, sebagai upaya antisipasi jika titik api muncul kembali.

Benar saja, sehari setelah tinjauan itu, titik panas kembali terdeteksi di Riau, sebanyak tiga hotspot, di mana satu diantaranya adalah titik api karena berlevel confidence di atas 70 persen.