//riau1.com/

#riau

Tuding Paripurna Cacat Hukum, Ilyas dan Husni Thamrin 'Cabut' dari Ruang Paripurna DPRD Riau

R1/Nald


Ilyas HU diwawancarai wartawan usai walkout dari ruang sidang paripurna DPRD Riau. Ilyas HU diwawancarai wartawan usai walkout dari ruang sidang paripurna DPRD Riau.

RIAU1.COM - Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Riau Ilyas HU dan Husni Thamrin dari Fraksi Gerindra Sejahtera akhirnya "cabut" atau keluar dari ruang sidang paripurna, yang dihadiri Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim.

Aksi kedua wakil rakyat ini mengejutkan anggota DPRD Riau lainnya, yang sudah menunggu satu jam lebih paripurna untuk dimulai.



BACA JUGA : Larangan Pungli dan Gratifikasi Terbit, Senarai: Semoga Riau Keluar dari zona merah korupsi

Pantauan Riau1.com di Gedung DPRD Riau, Senin (11/2/2019), hingga pukul 11.50 WIB, rapat paripurna baru dimulai. Padahal, sesuai agenda, rapat itu seyogyanya dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB.

"Anggota yang hadir baru 29, ini jelas tak kuorum, tapi kok tetap ngotot dilanjutkan. Ini cacat hukum. Makanya saya keluar dari ruangan sidang," kata Ilyas kepada sejumlah wartawan.



BACA JUGA : Gubri Syamsuar Keluarkan Surat Edaran Larangan Pungli dan Gratifikasi

"Saya sudah hitung, cuma 29 yang hadir, seharusnya minimal kan 33 orang. Tak kuorum kenapa dilanjutkan," tambah Husni Thamrin.

Kendati mereka berdua keluar atau walkout, namun sidang paripurna dengan agenda penyampaian LKPj Gubernur Riau tahun 2018 tetap dilanjutkan.

"LKPj yang disampaikan tak sah. Masak yang hadir 29 orang tapi dibilang 36. Hasil paripurna ini cacat hukum," tegas Ilyas.

Kejadian ini berawal saat Anggota Fraksi Gerindra Sejahtera Husni Thamrin meminta pimpinan sidang untuk skor rapat paripurna, karena jumlah anggota DPRD Riau yang hadir dicurigai kurang dari 33 orang. 

Saat Ketua DPRD Riau Septina Primawati membuka rapat paripurna yang dihadiri Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, seketika Husni meminta sidang di skor.

"Izin pimpinan, saya hitung tak sampai 36 orang, mohon di skor sidang, diulang hitung anggota dewan yang hadir," instruksi Husni.

Kemudian, Septina memerintahkan panitia sidang untuk cek ulang kehadiran anggota dewan. Selang 10 menit, Almainis dari Fraksi PDIP meminta pimpinan melanjutkan sidang. 

"Lanjutkan saja pimpinan, nanti sambil berjalan ada tambahan. Ini tahun politik, kita banyak kegiatan yang akan dilaksanakan," ujarnya.

Septina kembali menyampaikan, bahwa anggota DPRD yang hadir berjumlah 36 orang. Dan kembali membuka sidang.

Namun, Ketua BKD Ilyas HU kembali instruksi dan minta sidang di skor, sebab sesuai perhitungannya, anggota dewan yang hadir tak sampai setengah tambah satu, yakni 33 orang.

"Rapat ini kehadiran fisik, saya hitung tak sampai 33 orang, ini jelas tak kuorum," ujarnya.

Kemudian Asri Auzar meminta pimpinan sidang melempar ke anggota sidang, apakah rapat bisa dimulai atau tidak.

Sepertinya, Ilyas HU dan Husni Thamrin tak terima dengan keputusan ini, mereka berdua akhirnya keluar dari sidang paripurna (walkout).

 


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)