Menang Gugatan Demi Kursi Senayan, Mulan Jameela Ditempatkan Gerindra di Komisi 'Istimewa'

Menang Gugatan Demi Kursi Senayan, Mulan Jameela Ditempatkan Gerindra di Komisi 'Istimewa'

28 Oktober 2019
Mulan Jameela. Foto: Detik.com.

Mulan Jameela. Foto: Detik.com.

RIAU1.COM -Kejutan terus datang dalam karir politik Mulan Jameela. Kejutan dimulai dari perjalanan Mulan menuju DPR hingga penempatan dirinya di alat kelengkapan dewan (AKD) oleh Fraksi Gerindra.

Dilansir dari Detik.com, Senin (28/10/2019), kejutan pertama dari Mulan adalah saat dirinya lolos ke DPR. Perjalanan Mulan yang bertarung di Dapil Jawa Barat XI ini cukup panjang sebelum akhirnya duduk di Senayan.

Mulan melenggang ke Senayan setelah Gerindra memecat caleg-caleg terpilih dengan peringkat raihan suara di atas Mulan. Gerindra mengangkat Mulan ke DPR setelah Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan gugatan Mulan dan kawan-kawan.

Landasan tukar kursi Gerindra ini adalah Surat Edaran MA Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pemberlakuan Pemberlakuan Hasil Rapat Pleno Kamar Mahkamah Agung Tahun 2016 sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas Bagi Pengadilan. Surat ini tertanggal 9 Desember 2016, diteken Ketua MA Muhammad Hatta Ali, ditujukan untuk Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Ketua Pengadilan Tingkat Pertama.

Surat Edaran MA itu mengamanatkan kewenangan perselisihan parpol ada pada Mahkamah Partai Politik. Gerindra pun menyatakan berhak mengatur penukaran kursi usai pengadilan tingkat pertama, dalam hal ini Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, mengabulkan gugatan Mulan Jameela cs.

Berdasarkan salinan putusan KPU Nomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019, pelantun tembang 'Wonder Woman' ini ditetapkan menjadi calon terpilih anggota DPR. Keputusan itu diteken oleh Ketua KPU Arief Budiman pada 16 September 2019.

Mulan terpilih usai dua caleg di atasnya dipecat. Caleg yang semula terpilih adalah Evin Luthfi di peringkat suara terbanyak ke-3 dan Fahrul Rozi di peringkat suara terbanyak ke-4. Mulan Jameela ada di peringkat suara ke-5 (24.192 suara).

Di Dapil Jawa Barat XI, Gerindra mendapat tiga kursi. Bila Evin Luthfi (suara terbanyak ke-3) dipecat dari Gerindra, maka yang seharusnya menggantikannya sebagai caleg terpilih adalah Fahrul Rozi (suara terbanyak ke-4).

Namun Fahrul Rozi ternyata juga dipecat. Maka yang menggantikan Evin Luthfi adalah caleg dengan perolehan suara ke-5, yakni Mulan Jameela.

Setelah dilantik sebagai anggota DPR, Mulan sempat menjadi sorotan gara-gara posting di akun Instagram-nya. Mulan, lewat akun @mulanjameela1, pada pukul 17.23 WIB, Kamis (17/10/2019), mengunggah foto tiga kacamata dengan kartu merek Gucci yang diunggah di akun Mulan.

"Bismillahirrahmanirrahim...Terimakasih @jakarta_eyewear ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya...," tulis Mulan mengiri postingannya itu.

Loading...

Hal itu pun disorot KPK. Menurut KPK, Mulan harus memperhatikan etika sebagai anggota DPR.

"Itu sebabnya mengapa seorang penyelenggara negara perlu dijaga oleh KPK agar mereka tetap fokus perform pada kinerja utama mereka karena jauh dari prilaku yang kemungkinan adanya conflict of interest (COI). Bisa saja seseorang akan sustain integritasnya dengan kata lain pemberian tidak akan membuat dirinya goyah integritasnya itu sebabnya beri memberi pada seorang penyelenggara negara tidak saja harus dilihat dengan pendekatan potensi COI yang akan timbul, akan tetapi ada isu lainnya antara lain tentang keadilan, norma, etika, kepantasan dan lain-lain," ucap Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

Mulan pun memberi klarifikasi kalau hal tersebut merupakan unggahan berbayar alias paid promote dan terdapat kesalahan saat mengunggah kalimat yang menyertai foto tersebut. Dia memastikan telah tabayyun dengan KPK dan tak ada hal yang melangggar hukum terkait unggahannya serta profesinya sebagai artis.

Kini, kejutan kembali datang dari istri Ahmad Dhani tersebut. Dia ditempatkan di Komisi VII yang membidangi energi, riset, teknologi, hingga lingkungan hidup. Mulan mengaku ditugaskan oleh Fraksi Gerindra untuk duduk di komisi tersebut.

"Insyaallah (Komisi) VII. Nggak (memilih), saya ditempatkan sama fraksi. Ya namanya juga anak bawang ya kami woles saja ditugaskan di mana saja," kata Mulan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Dia mengaku siap dengan tugas-tugas yang akan dilaksanakan di Komisi VII DPR. Mulan mengatakan akan memberi perhatian pada isu-isu lingkungan hidup.

"Yang pertama lingkungan hidup kali ya. Karena, yang paling penting lingkungan hidup yang itu memang berhubungan sama masyarakat, pasti langsung berkenaan dengan masyarakat," ujar Mulan.

Mulan juga meminta doa agar bisa melalui tugas di Komisi VII DPR. Dia menegaskan akan terus mengikuti rapat di komisi agar bisa cepat memahami tugas-tugasnya.