PAN Ucapkan Selamat, Faldo Maldini Jadi Ketua DPW PSI Sumbar dan Kandidat Gubernur

PAN Ucapkan Selamat, Faldo Maldini Jadi Ketua DPW PSI Sumbar dan Kandidat Gubernur

28 Oktober 2019
Ketua Umum DPW PSI Sumatera Barat, Faldo Maldini.

Ketua Umum DPW PSI Sumatera Barat, Faldo Maldini.

RIAU1.COM - Mantan politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Faldo Maldini kini telah resmi bergabung dengan menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumatera Barat. 

Dengan menjadi pengurus PSI, Faldo Maldini juga telah kuat untuk menjadi kandidat Gubernur Sumbar pada Pilkada 2020.

Menanggapi keputusan Faldo tersebut, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengucapkan selamat bekerja kepada Faldo.

 

"Selamat bekerja untuk Faldo. Kita doakan agar ia selalu berjuang untuk rakyat yang tidak mampu memperjuangkan haknya sendiri," kata Eddy seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (28/10).


Dalam sambutannya, Antoni menyebut Sumatera Barat sebagai gerbang Indonesia yang harus mengambil bagian dalam kompetisi regional.


Faldo memutuskan keluar dari PAN dan bergabung dengan PSI. Mantan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN itu kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PSI  Sumatera Barat.

Sekjen PSI Raja Juli Antoni menyerahkan surat keputusan pengangkatan Faldo sebagai ketua DPW PSI Sumbar pada Minggu (27/10) di sebuah kafe di Padang. 


"Faldo merupakan salah satu kepemimpinan yang dapat menginspirasi anak-anak muda di Sumbar," kata Antoni dalam keterangan tertulis.

Faldo sendiri mengundurkan diri dari PAN pada awal Oktober lalu.

Dalam surat resminya yang diterima CNNIndonesia.com, dia menyatakan keputusan itu diambil setelah berkonsultasi dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan tiga kali berdiskusi dengan Sekjen PAN Eddy Suparno.
 

Dia mengatakan pilihan itu diambil secara sadar dan penuh pertimbangan. Dengan keputusannya itu, Faldo tak inign ada kegaduhan di tubuh partai yang didirikan sejumlah tokoh, termasuk Amien Rais.

"Pilihan ini saya ambil untuk menghindari kegaduhan setelah adanya dukungan dari partai politik lain kepada saya untuk mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah, Gubernur Sumbar," kata Faldo, Sabtu (5/10).

Di PSI, Faldo akan mengikuti kontestasi politik di Pilkada Sumatera Barat 2020 sebagai Calon Gubernur.  Setelah ini dia ingin fokus pada pencalonan kepala daerah yang mekanismenya diatur oleh undang-undang.

 

Isu hengkang Faldo Maldini dari PAN awalnya muncul dalam banner iklan sampul depan koran lokal Sumatera Barat, Harian Umum Independen Singgalang edisi Rabu, 18 September 2019.

Dalam iklan tersebut terlihat foto Faldo menggunakan kemeja putih dan peci hitam. Sementara di sampingnya terlihat tulisan 'Sumangaik Baru' dan logo Partai PSI dengan latar warna khas merah hitam.

R1 Hee.