Sehari Jelang HUT RI, Kelompok Separatis Bersenjata Serang Pasukan TNI di Trans Papua

Sehari Jelang HUT RI, Kelompok Separatis Bersenjata Serang Pasukan TNI di Trans Papua

17 Agustus 2019
Ilustrasi pasukan TNI.

Ilustrasi pasukan TNI.

RIAU1.COM - Sehari menjelang HUT RI ke 74, Kelompok Separatis Bersenjata menyerang rombongan pasukan TNI di Trans Papua. 

Dua kendaraan pengangkut logistik milik TNI diserang Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) pimpinan Egianus Kogoya pada Jumat (16/8/2019)sekitar pukul 15.30 WIT di Km 39 jalan Trans Wamena - Habema, Papua.
 
Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring mengatakan dua kendraaan itu ditembaki KSB pimpinan Egianus Kogoya dari dua arah.

 

Menurutnya, dalam kondisi terjepit sekitar 12 personil TNI yang ada di dua kendaraan itu, turun dan membalas tembakan KSB.
 
"Kontak tembak itu berlangsung selama kurang lebih 20 menitan," tuturnya, Sabtu (17/8/2019), seperti dilansir bisnis.com. 
 
Dia menjelaskan setelah baku tembak terjadi dan TNI menguasai medan tempur, KSB itu langsung melarikan diri. Akibat baku tembak, 2 prajurit TNI mengalami luka tembak atas nama Pratu Panji di bagian lengan kiri dan Pratu Sirwandi pada bagian paha kiri.
 
"Saat ini keduanya telah dievakuasi dan mendapat perawatan medis di RSUD Wamena. Kedua prajurit berasal dari satuan Yonif 751/VJS," katanya.
 
Dia telah memerintahkan seluruh personel pos Satgas Pamrahwan meningkatkan kesiapsiagaan dan mengawasi jalan-jalan maupun medan-medan yang kemungkinan dijadikan sebagai jalan pelarian KSB tersebut.

 
 
"Situasi di sana sudah kondusif. Namun demikian kita tetap mewaspadai kemungkinan KSB yang memanfaatkan momentum peringatan HUT RI untuk melakukan aksi teror baik terhadap aparat keamanan maupun masyarakat," ujar Yosua.
 

R1/Hee