Dituduh Terlibat Aksi 21-22 Mei, PP Pemuda Muhammadiyah Meradang

Dituduh Terlibat Aksi 21-22 Mei, PP Pemuda Muhammadiyah Meradang

8 Juli 2019
Ilustrasi Aksi Massa 21-22 Mei lalu di Jakarta.

Ilustrasi Aksi Massa 21-22 Mei lalu di Jakarta.

RIAU1.COM - Tim Investigasi Polri mengungkapkan hasilnya soal Aksi Massa 21-22 Mei 2019 lalu yang berujung kerusuhan. 

Namun Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah keberatan dengan rilis hasil investigasi Polri yang menyebut ada keterlibatan organisasi ini dalam aksi 21-22 Mei 2019 di DKI Jakarta.

Keberatan itu disampaikan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Razikin. Menurutnya, PP Pemuda Muhammadiyah sudah tegas mengimbau seluruh kadernya untuk tidak terlibat aksi itu.

 

"Sebaliknya, Pemuda Muhammadiyah justru meminta kepada seluruh kadernya untuk menyukseskan pemilu 2019 baik sebagai pemilih, penyelenggara pemilu, pemantau pemilu, maupun peserta pemilu," kata Razikin dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (8/7/2019), seperti dilansir bisnis.com. 

Razikin menyebut aksi massa pada 21-22 Mei lalu tidak ada hubungannya dengan Pemuda Muhammadiyah. Dia menyangkal adanya dugaan keterlibatan Pemuda Muhammadiyah dalam aksi itu.

PP Pemuda Muhammadiyah meminta dugaan keterlibatan kader organisasi itu di aksi 21-22 Mei dilihat secara jernih dengan investigasi mendalam.

"Pemuda Muhammadiyah keberatan dicantumkan institusi Pemuda Muhammadiyah oleh kepolisian," katanya.

Nama Pemuda Muhammadiyah disebut dalam temuan baru Tim Investigasi Polri atas aksi 21 dan 22 Mei 2019.

Dalam temuan baru yang dirilis, polisi menyebut ada empat kelompok yang ditunggangi oknum dari partai politik, organisasi masyarakat, hingga relawan pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Loading...

 

Untuk oknum ormas Islam, disebutkan para pelaku berasal dari sejumlah daerah seperti Serang, Tangerang, Cianjur, Banyumas, Tasikmalaya, Lampung, Aceh, dan Jakarta. Dikutip dari tempo, hasil investigasi dalam bentuk slide menunjukkan nama organisasi GARIS, Forkabi, GRIB, dan Pemuda Muhammadiyah.

Untuk pelaku yang berasal dari 'oknum parpol', terlihat bahwa oknum berasal dari tiga partai politik berinisial PN, PS, dan Partai GR.

R1/Hee