Incar Posisi Ketua, Partai Gerindra Targetkan 13 Kursi di DPRD Riau

Incar Posisi Ketua, Partai Gerindra Targetkan 13 Kursi di DPRD Riau

16 Januari 2019
Hardianto (Int)

Hardianto (Int)

RIAU1.COM -Bermodalkan tujuh kursi di parlemen hasil pemilu legislatif 2014, DPD  Partai Gerindra Riau menargetkan suara terbanyak dipemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019. 

Partai besutan Prabowo Subianto itu  optimis mampu mengeser Partai Golkar untuk menempatkan kader terbaiknya di posisi Ketua DPRD Riau periode 2019-2024 mendatang. 

"Popularitas Pak Prabowo yang juga Capres diharapkan mampu mendongkrak suara Partai Gerindra di Pileg nanti. Kita targetkan 12-13 kursi untuk DPRD Riau. Jika ini terwujud, tentu peluang untuk mendapatkan posisi Ketua DPRD Riau terbuka lebar," kata Sekretaris DPD Partai Gerindra Riau Hardianto kepada Riau1.com, Rabu (16/1/2019).

Kendati demikian, mantan Calon Wakil Gubernur Riau yang berpasangan dengan Lukman Edy pada Pilgubri 2018 tak mau menjabarkan dari daerah pemilihan (Dapil) mana saja Partai Gerindra berpeluang memperoleh kursi.

"Kalau rincian kursinya saya tak berani sebutkan, namun secara profesional Gerindra punya target dan hitungan potensial disetiap Dapil. Insya Allah, akumulasinya 12-13 kursi di DPRD Riau periode 2019-2024 mendatang," ujarnya.

Hardianto menjabarkan, dari tujuh kursi yang diperoleh Partai Gerindra pada Pileg 2014 lalu, hanya Dapil Indragiri Hilir (Inhil) yang tak meraih kursi. 

Adapun rincian tujuh kursi di DPRD Riau itu, dari dapil Pekanbaru menempatkan Taufik Arrakhman, Rokan Hilir (Rohil) Siswaja, Rokan Hulu (Rohul) Lampita, Kampar Adriyan, Siak-Pelalawan Husni Thamrin, Inhu-Kuansing Marwan Yohanis.

Loading...

"Untuk Dapil Dumai - Bengkalis - Meranti, awalnya saya. Tapi karena ikut Pilgubri di PAW ke Nurzaman. Sekarang saya kembali nyaleg di Dapil yang sama. Semua Kader yang saat ini duduk, juga kembali mencalonkan diri di Pileg 2019 nanti," jelas Hardianto.

Data KPU Riau terkait hasil Pileg tahun 2014 lalu, dari 65 kursi di DPRD Riau, Golkar menempatkan posisi teratas dengan meraih 14 kursi. Partai berlambang beringin ini menunjuk Septina Primawati untuk posisi Ketua DPRD. Perempuan berkerudung ini adalah istri mantan Gubernur Riau dua periode, Rusli Zainal.

Disusul PDI Perjuangan dan Demokrat masing-masing sembilan kursi.  Kemudian Gerindra dan PAN masing-masing tujuh kursi. Sedangkan PKB enam dan PPP lima kursi.

PKS dan NasDem juga sama-sama meraih tiga kursi, dan terakhir Partai Hanura dengan raihan dua kursi. (Don)