Kabut Asap Makin Parah, 47 Bayi di Pelalawan Terserang ISPA

Kabut Asap Makin Parah, 47 Bayi di Pelalawan Terserang ISPA

18 September 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Kondisi kabut asap terus bertambah pekat di Kabupaten Pelalawan, Riau. Akibatnya, jumlah warga yang terserang ISPA 5 hari terakhir ini juga meningkat. Bahkan, 47 bayi ikut terserang ISPA.

Jumlah tersebut didapat dari laporan penyakit harian pada bencana Karlahut Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan pada bulan September 2019.

"Selama September ini, sampai tanggal 16 kemarin, ada 89 anak dibawah 1 tahun yang terserang ISPA," sebut Plt Kepala Diskes Pelalawan, Asril, Rabu 18 September 2019.

Sementara itu, untuk anak usia 1 sampai 5 tahun ada 264 orang yang terserang ISPA, dan untuk warga berusia diatas 5 tahun sebanyak 847 orang terserang ISPA.

"Secara keseluruhan, ada sekitar 1.200 warga kita yang terserang ISPA, dari tanggal 1 September sampai 16 September 2019," jelas Asril.

Loading...

Laporan penyakit harian pada bencana karlahut ini, didapat pihak Diskes Pelalawan dari 14 Puskesmas se-Kabupaten Pelalawan. Besar kemungkinan jumlah warga Pelalawan yang terserang ISPA lebih dari jumlah tersebut.

"Banyak warga yang terserang ISPA, berobat dengan membeli obat di apotek, atau ke praktek dokter baik umum maupun spesialis, yang kemungkinan tidak masuk dalam data ini," pungkasnya.