Surat Pemutusan Kerja Sama Pengelolaan Parkir dengan PT Datama Beredar, Kadishub Pekanbaru Janjikan Konpers Besok

Surat Pemutusan Kerja Sama Pengelolaan Parkir dengan PT Datama Beredar, Kadishub Pekanbaru Janjikan Konpers Besok

28 Februari 2021
Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Surat pemutusan kerja sama pengelolaan parkir dengan PT Datama beredar. Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru berjanji akan akan menggelar konferensi pers besok. 

Surat yang beredar itu ditandatangani Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perparkiran Dishub Pekanbaru Radinal Munandar. Surat dikirimkan Direktur PT Datama pada 26 Februari 2021. 

Surat tersebut tentang pengambilalihan pengelolaan perparkiran pada zona yang dikerjasamakan. Surat tersebut menyatakan bahwa PT Datama tak bisa menyetor dana jaminan sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama Operasional Pengelolaan Perparkiran dalam pasal 7 ayat 1 dan 3 yang berbunyi, "dalam rangka menjamin pengelolaan dan pelayanan parkir di dalam ruang milik jalan, maka pihak kedua harus memberikan dana sebagai jaminan pelaksanaan yang disetorkan berupa giro pada bank nasional atau bank daerah yang disepakati oleh para pihak".

"Terkait ketidaksanggupan PT Datama memenuhi tata cara dan jumlah setoran sesuai pasal 4 ayat 2 yaitu sebanyak 2,5 persen dari jumlah negosiasi harga yang telah ditetapkan. Maka, kami tidak bisa melakukan pendebitan dana jaminan secara sepihak di saat keterlambatan penyetoran dari PT Datama," jelas Radinal dalam surat itu. 

Terkait ketidakmampuan PT Datama untuk memenuhi perjanjian kerja sama, maka berdasarkan pasal 19 ayat 3 di dalam kontrak perjanjian kerja sama pengelolaan perparkiran, maka Dishub Pekanbaru berhak memutus secara sepihak kontrak kerja sama yang telah disepakati. Wilayah yang dikerjasamakan ini akan diambil alih terhitung tanggal 27 Februari 2021.

Beredarnya surat ini membuat pusing Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso pusing. Pasalnya, banyak pihak yang menghubunginya melalui pesan WhatsApp. 

"Besok, kita konpers ya... Karena semua WA saya," singkatnya ketika dikonfirmasi soal surat pemutusan  kerja sama dengan PT Datama, Minggu (28/2/2021).