Jelang Tengah Malam, Truk Kontainer Berkeliaran di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru

Jelang Tengah Malam, Truk Kontainer Berkeliaran di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru

8 November 2019
Sebuah truk kontainer melintas di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru jelang tengah malam. Foto: Istimewa.

Sebuah truk kontainer melintas di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru jelang tengah malam. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Sebuah truk kontainer truk kontainer secara sembunyi-sembunyi masuk ke jalan utama di tengah Kota Pekanbaru. Seharusnya, truk bertonase tinggi ini dilarang berkeliaran meski tengah malam.

Yola, Jumat (8/11/2019), salah seorang warga melihat truk kontainer ini melintas di Jalan Jenderal Sudirman pada 5 November lalu. Truk ini keluar dari Jalan Hang Tuah.

Lalu, truk kontainer ini berputar arah di depan Hotel Whiz. Selanjutnya, truk kontainer ini bergerak menuju arah Pasar Sukaramai.

"Seharusnya, jalur truk ini bukan di dalam kota. Jalan Jenderal Sudirman ini bisa rusak akibat truk sebesar itu," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru sedang menyusun draf rute truk bertonase tinggi untuk ditandatangani wali kota. Pasalnya, lalu lalang truk bertonase tinggi sudah meresahkan pengendara di Jalan HR Soebrantas.

Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Pekanbaru Edi Sofyan di Mal Pelayanan Publik (MPP), Kamis (10/10/2019), mengatakan, Dishub hanya berperan sebagai pengatur lalu lintas. Dishub tidak bisa menindak para sopir dengan truk bertonase tinggi.

"Jika ingin menindak, maka kami perlu berkoordinasi dulu dengan kepolisian. Jika langsung menindak, sama saja kami bunuh diri," ujarnya.

Untuk melakukan penertiban truk bertonase tinggi, Dishub dan kepolisian perlu berkoordinasi. Agar, Dishub dan kepolisian bisa bersama-sama melakukan patroli di jalanan atau bisa juga satu pos pengawasan.

"Kami juga sudah membuat rancangan untuk surat keputusan (SK) wali kota. SK ini akan mengatur tentang trayek-trayek yang bisa dilewati kendaraan bertonase tinggi," ungkap Edi.

Saat ini, Dishub masih membuat draf untuk SK wali kota tersebut. Namun, draf ini akan disampaikan dalam waktu dekat. 

"Jalur-jalur truk tersebut sudah kami siapkan. Hanya tinggal pengesahan dari wali kota," ujar Edi.