//riau1.com/

#pekanbaru

Tak Jadi Dipindahkan, Tugu Adipura Dipugar Dinas PUPR Pekanbaru Mulai Hari Ini

R1/surya


Tugu Adipura di depan kantor wali kota Pekanbaru yang bolong karena lempengan kuningannya dicuri. Foto: Riau1. Tugu Adipura di depan kantor wali kota Pekanbaru yang bolong karena lempengan kuningannya dicuri. Foto: Riau1.

RIAU1.COM -Tugu Adipura yang berlokasi di depan kantor wali kota Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman dipugar mulai hari ini hingga dua bulan ke depan. Tugu Adipura ini sempat direncanakan dipindahkan karena akan dibangun jembatan penyeberangan orang (JPO).

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pekanbaru Eduard Riansyah di kediaman wali kota, Kamis (12/9/2019), mengatakan, Tugu Adipura itu diperbaiki dan kembalikan ke bentuk semula lagi. Tugu ini sempat direncanakan akan dipindahkan. 

"Namun setelah dipertimbangkan dari berbagai macam aspek, maka Tugu Adipura tetap di lokasi semula yaitu di depan kantor wali kota Pekanbaru di Jalan Jenderal Sudirman. Karena, kami tidak jadi membangun jembatan penyeberangan orang," ungkapnya.

Sebenarnya, Tugu Adipura akan diperbaiki pada 2018 lalu. Tapi, lempengan Adipura yang terbuka dari kuningannya harus dipesan dahulu.



BACA JUGA : Wali Kota Firdaus Sebut Kehadiran Gedung Kejati Riau Tunjukkan Kemajuan Kota Pekanbaru

Iklan Riau1

Ternyata, proses pemesanan lebih dari enam bulan. Makanya, pemugaran tidak jadi dilaksanakan. 

"Pemugaran Tugu Adipura kami laksanakan tahun ini. Jadi, lempengan kuningan itu sudah selesai. Kami pesan di Boyolali, Jawa Timur," jelas Edu.

Konsep Tugi Adipura tetap sama, tidak ada yang diubah. Hanya saja, bentuk tugu akan dipercantik lagi.



BACA JUGA : Warga Tak Mampu di Pekanbaru Dapat Bantuan Sembako Senilai Rp110.000 Tiap Bulan

"Hari ini, kami mulai renovasi yang diawali dengan pembersihan lokasi. Renovasi dilakukan selama 60 hari kerja dengan anggaran di bawah Rp200 juta," sebut Edu. 

Untuk mengantisipasi pencurian lempengan Adipura kembali, Dinas PUPR Pekanbaru sudah berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan). Kamera pengawas yang dipasang di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alam Mayang agar diarahkan ke Tugu Adipura.

"Saya minta masyarakat menjaga Tugu Adipura. Sebab, tugu ini aset pemerintah dan aset kita bersama," ucap Edu.


Informasi
Tlp +62 853 8222 8787
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)
Loading...