Tanam Kurma Tropis KL1 di Pekanbaru, Ini Tips dari Pakarnya

Tanam Kurma Tropis KL1 di Pekanbaru, Ini Tips dari Pakarnya

11 Agustus 2019
Kurma tropis KL1. Foto: Riau1.

Kurma tropis KL1. Foto: Riau1.

RIAU1.COM -Menanam kurma tropis KL1 di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, sudah jadi tren. Masyarakat mulai banyak menanam kurma baik di halaman rumah maupun di kebun khusus kurma.

Muhammad Rafi adalah salah satu yang bikin kebun kurma di Pekanbaru. Muhammad Rafi punya 50 pohon kurma di Jalan Sepakat, Perum BMP Blok B Nomor 8, Kulim, Pekanbaru.

Kurma Tropis KL1 yang dibudidayakan Rafi sudah berusia tiga hingga empat tahun. Beberapa pohon kurma Rafi sudah berbuah dengan baik.

Rafi membagikan tips dalam bertanam kurma khususnya jenis KL1. Hal penting dan jarang diperhatikan orang itu, kurma butuh pencahayaan yang cukup. 

"Kalau saya 7 meter kali 7 meter untuk jarak satu batang kurma dengan batang lainnya. Itu minimal, makin berjarak semakin bagus," kata Rafi.

Dalam budi daya kurma tropis KL1 memang unik. Sehingga mesti mengerti betul pola membudidayakannya.

"Kurma itu unik. Agar kurma kita berbuah dengan baik pembuahan juga harus dibantu," jelasnya.

Jadi, kurma tidak bisa berbuah dengan baik, jika tidak dibantu penyerbukannya. Serbuk sari dari kurma jantan harus diletakkan di bunga kurma betina.

Loading...

Dengan begitu baru buah kurma bisa berbuah dengan baik. Kurma betina tetap berbuah meski tidak dibantu penyerbukan.

 

"Tetapi buahnya nanti tidak berkembang dengan baik dan mudah rontok," sebut Rafi.

Selain itu juga perlu diketahui bahwa kurma juga bisa beranak. Hanya saja, sebaiknya batang pohon dibesarkan dahulu dan tidak membiarkan anakannya.

"Tapi kalau kurmanya sudah jelas jantan dan betina dan muncul anakannya, ya tidak masalah juga. Karena kalau dicangkok anakan kurmanya sudah bernilai jual itu, bisa Rp2 juta sampai Rp5 juta. Tapi kalau belum tahu kurma jantan atau betina, sebaiknya anakannya dibuang saja," saran Rafi.

Masih ada banyak tips dan trik dalam berbudidaya kurma tropis KL1 di Pekanbaru. Jika ingin tahu lebih banyak bisa langsung mengunjungi kebun Rafi di Jalan Sepakat, Perum BMP Blok B Nomor 8, Kulim, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.