Lepas Rangkap Jabatan Plt Kepala Dinkes, Indra Pomi: Saya Ingin Fokus di Dinas PUPR Pekanbaru

Lepas Rangkap Jabatan Plt Kepala Dinkes, Indra Pomi: Saya Ingin Fokus di Dinas PUPR Pekanbaru

16 Juli 2019
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution akhirnya melepas jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes). Rangkap jabatan kepala dinas ini diembannya selama sembilan bulan.

Usai penyerahan jabatan Plt Kepala Dinkes Pekanbaru kepada Muhammad Amin yang juga Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) di ruang rapat kantor wali kota, Selasa (16/7/2019), Indra Pomi menceritakan, ia diperintahkan wali kota untuk menjabat sebagai Plt Dinkes sekitar sembilan bulan lalu. Selama menjabat di Dinkes, banyak hal yang telah diperbaiki, baik sistem keuangan maupun sistem pelayanan.

"Kami juga mendapat beberapa prestasi. Contohnya, Puskesmas Lima Puluh menjadi Puskesmas layak anak," ujarnya.

Kemudian, Dinkes Pekanbaru juga mendukung embarkasi Antara Haji dan pembangunan Rumah Sakit (RS) Madani pada 2018. Kini, pembangunan RS Madani dilanjutkan, termasuk pengadaan alat kesehatannya.

Di Dinkes butuh orang yang punya banyak waktu untuk melakukan bimbingan-bimbingan dan pembinaan-pembinaan terhadap rekan-rekan di Puskesmas. Karena tantangannya adalah delapan Puskesmas dapat terakreditas pada 2018. Di tahun ini, delapan puskesmas itu akan direakreditasi. 

"Supaya, rumah sakit kita juga bisa terakreditasi dengan baik. Dari sisi infrastrukturnya sudah kami siapkan. Sekarang dalam progres," jelasnya.

Indra Pomi sangat bangga bisa berdinas di Dinas Kesehatan selama sembilan bulan. Ia banyak belajar tentang kesehatan dan tentang komunikasi di masyarakat, serta lainnya.

"Ini suatu pengalaman pribadi yang luar biasa bagi saya. Saya sampaikan terima kasih kepada wali kota dan sekda serta pimpinan lainnya yang telah memberikan pengalaman yang luar biasa kepada saya," ucapnya.

Selama sembilan bulan di Dinkes, ada nilai-nilai yang ditanamkan ke rekan-rekan di Puskesmas. Hal-hal yang ditanamkan berupa disiplin. Disiplin menjadi dasar untuk bisa sukses. 

"Saya juga mengajarkan nilai-nilai loyalitas. Sehingga, mereka dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik," sebut Indra Pomi.

Kemudian kepedulian. Artinya, pegawai di Dinkes diajarkan menimbulkan rasa peduli terhadap organisasinya sendiri, peduli terhadap masyarakat, peduli terhadap lingkungannya. Diharapkan, orang kesehatan itu memiliki sifat disiplin, loyal, dan peduli dalam melayani.