Wali Kota Pekanbaru Serahkan Jabatan Plt Kepala Dinkes ke M Amin yang Juga Kepala Disdalduk KB

Wali Kota Pekanbaru Serahkan Jabatan Plt Kepala Dinkes ke M Amin yang Juga Kepala Disdalduk KB

16 Juli 2019
Kepala Disdalduk-KB Kota Pekanbaru Muhammad Amin. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disdalduk-KB Kota Pekanbaru Muhammad Amin. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru diserahkan kepada Kepala Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Muhammad Amin. Penyerahan jabatan ini agar Indra Pomi bisa fokus bekerja sebagai kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai menghadiri lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang, dan aman di Kantor Ketahanan Pangan, Selasa (16/7/2019), mengatakan, misi pertama Indra Pomi sudah selesai sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan. Kemudian, Indra Pomi sebagai Kepala Dinas PUPR butuh waktu yang banyak di lapangan. 

"Kami butuh waktu berkomunikasi dengan masyarakat untuk pembebasan lahan jalan-jalan strategis. Sehingga, kami serahkan jabatan Plt Dinas Kesehatan kepada M Amin untuk sementara," ungkapnya.

Pasalnya, tugas pokok M Amin berdekatan dengan bidang kesehatan. Saat ini, M Amin juga menjabat sebagai Kepala Disdalduk KB.

Kesempatan berbeda, Kepala Disdalduk KB M Amin usai menerima penyerahan jabatan Plt Kepala Dinkes di kantor wali kota mengatakan, ia melanjutkan pekerjaan yang sudah dilaksanakan Indra Pomi. Sebab, ada beberapa kemajuan yang cukup baik.

"Meski memegang dua dinas, tapi saya rasa Disdalduk KB dan Dinkes saling terkait. Mungkin amanah ini saya jalankan dengan baik. Mudah-mudahan saya mampu," ujarnya.

Sehingga, derajat kesehatan masyarakat yang diinginkan wali kota itu bukan masalah kuratif (upaya penyembuhan penyakit) saja. Tetapi, masalah preventif (pencegahan) dan promotif (meningkatkan) derajat kesehatan harus segera direalisasikan. 

"Kesehatan bukan masalah kesehatan saja. Tapi, kesehatan juga persoalan lingkungan dan infrastruktur lainnya," ucap Amin.