PLN Rampung Pembangunan Pembangkit Listrik di Pekanbaru Dua Tahun Lagi

PLN Rampung Pembangunan Pembangkit Listrik di Pekanbaru Dua Tahun Lagi

14 Juli 2019
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pembangunan pembangkit listrik sedang digesa PLN di Kota Pekanbaru dan wilayah Provinsi Riau lainnya. Salah satu pembangunan pembangkit listrik di Pekanbaru direncanakan untuk menyuplai listrik ke kawasan industri di Tenayan Raya.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Jumat (12/7/2019), mengatakan, ia sudah berkomunikasi dengan pihak PLN Area Pekanbaru. Banyak hal yang didiskusikan dalam pertemuan yang digelar secara santai itu.

"Salah satu yang kami diskusikan yakni kebutuhan dan suplai listrik untuk Kota Pekanbaru. Kami juga membahas pembangkit listrik yang sedang dibangun di Pekanbaru dan Riau," ujarnya.

PLN menyatakan bahwa ketersediaan listrik sudah diprogramkan dengan baik. Pembangkit-pembangkit listrik yang sedang dibangun akan dirampungkan pada 2021.

Dengan begitu, ketersediaan listrik reguler dan kebutuhan strategis untuk kawasan industri diharapkan dapat terpenuhi. Kawasan industri akan dibangun di Kecamatan Tenayan Raya (Pekanbaru) dan Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan (Kota Dumai).

"Pertumbuhan daya listrik di Riau lebih dari tujuh persen. Ditargetkan pertumbuhan daya listrik delapan persen," ucap Firdaus.

Loading...

Dengan jumlah ini, kebutuhan listrik di Pekanbaru sudah terpenuhi. Daya listrik sebesar delapan persen ini baru untuk pertumbuhan reguler. Daya listrik delapan persen ini belum termasuk  untuk kawasan industri. 

Diharapkan, pembangunan pembangkit listrik gas yang ada di Tenayan saat ini berkapasitas 275 Megawatt dapat selesai. Begitu juga dengan pembangkit listrik lain yang sedang dibangun di luar Kota Pekanbaru dengan kapasitas 450 Megawatt (MW).

"Saya harap pembangunan pembangkit-pembangkit listrik yang sedang dibangun itu dapat berproduksi pada 2021," harap Firdaus.