Tamu Sempat Dievakuasi, Ini Pemicu Kebakaran Ruang Basement Hotel Premiere Pekanbaru

Tamu Sempat Dievakuasi, Ini Pemicu Kebakaran Ruang Basement Hotel Premiere Pekanbaru

22 Maret 2019
Tampak petugas Damkar menyisir ruangan kitchen Hotel Premiere yang terbakar

Tampak petugas Damkar menyisir ruangan kitchen Hotel Premiere yang terbakar

RIAU1.COM -Kebakaran terjadi di ruangan yang berada di basement Hotel Premiere Pekanbaru, Riau pada Jumat 22 Maret 2019 pagi tadi sekitar pukul 05.00 WIB.

Ruangan yang terbakar ini merupakan kitchen room, yang berada di basement Hotel Premiere, demikian keterangan Kasi Evakuasi dan Penyelamatan Damkar Pekanbaru Ibas Sembiring saat berbincang dengan Riau1.com.

Ia menjelaskan, dugaan sementara penyebab kebakaran akibat arus pendek (Korsleting listrik, red) di ruang kitchen di basement. Tak ayal, dalam waktu cepat, asap pekat pun menyelimuti seluruh basement.

"Asapnya pekat. Ada tujuh unit Damkar kita kerahkan ke lokasi untuk proses pemadaman. Lebih kurang 30 menit, kita sudah berhasil mengantisipasinya," yakin Ibas Sembiring.

Saat kejadian, lanjutnya, para tamu hotel juga sempat dievakuasi ke bawah sebagai langkah antisipasi, meski api tidak menjalar dan dapat segera dipadamkan. "Tamu-tamu dievakuasi ke bawah. Pengelolanya juga bekerja sama dengan kita dan kooperatif," sambungnya.

Usai kebakaran, regu Damkar kemudian menyisir titik kebakaran mencegah api muncul kembali. Penyemprotan (Pendinginan, red) juga dilakukan petugas pemadam kebakaran.

Bahkan, tim Rescue Damkar juga mengerahkan alat untuk menyedot asap sehingga kembali normal. "Asap yang mengepul di basement kita sedot dengan alat dari tim rescue," singkatnya.

Ibas memastikan, tidak ada kendaraan yang terimbas kebakaran dari ruang kitchen ini. Begitu pula dengan korban luka, juga nihil. "Korban jiwa tidak ada," pungkasnya.