Pemko Pekanbaru Seleksi 12 Kelurahan untuk Dilombakan di Tingkat Provinsi Riau

Pemko Pekanbaru Seleksi 12 Kelurahan untuk Dilombakan di Tingkat Provinsi Riau

19 Maret 2019
Kabag Permberdayaan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru Erna Juita. Foto: Surya/Riau1.

Kabag Permberdayaan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru Erna Juita. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru, Riau, akan melakukan seleksi 12 kelurahan terbaik dari 12 kecamatan. Kelurahan ini akan dinilai diseleksi untuk dilombakan di tingkat Provinsi Riau.

Kabag Permberdayaan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru Erna Juita saat diwawancarai di ruang rapat wali kota, beberapa hari lalu, mengatakan, tujuan evaluasi kelurahan ini untuk penilaian pada 2019. Penilaian ini mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

"Tujuan evaluasi kelurahan ini untuk melihat tahapan dan menentukan perkembangan dari keberhasilan kelurahan itu sendiri dalam kurun waktu satu tahun. Pada tahun ini, indikator penilaian berdasarkan kewilayahan, kemasyarakatan, dan pemerintahan," paparnya.

Penilaian ini dilakukan di 12 kecamatan. Tiap kecamatan mengajukan satu kelurahan terbaik. 

"Saat ini, kami masih membentuk tim penilaian. Penilaian dilakukan pada 25-28 Maret 2019," sebut Erna.

Penilaian kelurahan ini merupakan agenda wajib setiap tahun. Makanya, kelurahan terbaik di tingkat kota dilombakan tingkat provinsi.

"Untuk 2018, Kelurahan Sago mendapat predikat sebagai kelurahan terbaik di Provinsi Riau. Namun untuk tingkat nasional, penilaian kelurahan se-Indonesia ditiadakan karena ada pemilihan kepala daerah serentak," ungkap Erna.

Saat ini, 12 nama kelurahan terbaik dari 12 kecamatan sudah diterima Pemko Pekanbaru. Penilaian akan dilakukan pada 25-28 Maret 2019. Nama-nama kelurahan itu adalah Tuah Madani (Kecamatan Tampan), Labuh Baru Barat (Kecamatan Payung Sekaki), Sidomulyo Timur (Kecamatan  Marpoyan Damai), Tangkerang Labuai (Kecamatan Bukit Raya), Cinta Raja (Kecamatan Sail), Bencah Lesung (Kecamatan Tenayan Raya), Kedung Sari (Kecamatan Sukajadi), Kampung Baru (Kecamatan Senapelan), Kota Baru (Kecamatan Pekanbaru Kota), Rintis (Kecamatan Lima Puluh), Rumbai Bukit (Kecamatan Rumbai), Lembah Damai (Kecamatan Rumbai Pesisir).