Tak Punya Gedung dan Anggaran, Wali Kota Pekanbaru Firdaus Nekat Bangun MPP di Awal 2018

Tak Punya Gedung dan Anggaran, Wali Kota Pekanbaru Firdaus Nekat Bangun MPP di Awal 2018

21 Januari 2019
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Riau, dibangun dengan modal nekat di awal 2018. Pasalnya, Pemko Pekanbaru tidak memiliki gedung dan anggaran untuk MPP saat itu.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai pertemuan dengan Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Kemenpan RB), Senin (21/1/2019), mengungkapkan, nama Mal Pelayanan Publik ini berasal dari ide Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa. Ide ini muncul ketika Deputi Pelayanan Publik berkunjung ke beberapa negara di dunia pada 2017 lalu.

Pelayanan di beberapa negara begitu baik. Pelayanan yang baik itu mampu meningkatkan investasi untuk ekonomi.

"Muncullah ide untuk membuat mal pelayanan bagi publik. Menpan RB dan presiden mendukung gagasan ini," ungkap Firdaus.

Akhirnya, gagasan itu diterapkan pada 2018 awal di pulau Jawa. Pada saat itu diundang beberapa kepala daerah, termasuk wali kota Pekanbaru. 

"Ketika itu, saya mendapatkan penghargaan dari Menpan RB. Awal 2018, saya langsung menyatakan dukungan sebagai peserta MPP," ucap Firdaus.

Walaupun pada saat itu, Pemko Pekanbaru belum memiliki dana dan gedung yang akan dimanfaatkan. Namun, MPP ini langsung dibangun.

"Karena, MPP ini wujud dari kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat dalam memberikan pelayanan," sebut Firdaus.