Inilah Lomba Terkeji Sepanjang Sejarah Olimpiade

Inilah Lomba Terkeji Sepanjang Sejarah Olimpiade

1 Desember 2020
Ilustrasi olimpiade (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi olimpiade (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Lomba menembak merpati hidup dinobatkan sebagai ajang pesta olahraga olimpiade terkejam sepanjang sejarah.

Meskipun cabang olahraga ini sempat tidak diakui oleh International Olympic Committee (IOC) dikutip dari kumparan.com, Selasa, 1 Desember 2020.

IOC menyangkal bahwa cabang olahraga paling kejam itu pernah menjadi acara resmi olimpiade. Semua bermula ketika olimpiade modern pertama digelar di Athena, Yunani pada 1896.

Sedikitnya ada 43 pertandingan dilangsungkan dari 9 cabang olahraga berbeda. Seiring waktu, jumlah cabor itu terus bertambah. Termasuk olahraga menembak merpati hidup.

Lomba tersebut dilangsungkan dalam Olimpiade Paris pada tahun 1900. Peserta harus menembak burung sebanyak mungkin agar dinyatakan sebagai pemenang.

Loading...

Usai pertandingan, lapangan berubah menjadi tempat mengerikan, karena dipenuhi burung merpati yang mati dan terluka. Penonton pun dihujani darah dan mayat burung, saat para peserta menjatuhkan hampir 300 merpati.

Medali emas jatuh ke tangan Leon de Lunden dari Belgia. Ia memenangkan kompetisi dengan total menumbangkan 21 merpati, mengalahkan penembak asal Prancis, Maurice Faure, dengan selisih satu poin.

Setelah mendapat penolakan dan hujatan dari seluruh dunia, pada gelaran olimpiade berikutnya merpati hidup langsung digantikan oleh tanah liat.