KONI Riau Akui Belum Ada Atlet Terkena ISPA Akibat Kabut Asap

KONI Riau Akui Belum Ada Atlet Terkena ISPA Akibat Kabut Asap

11 September 2019
Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis

RIAU1.COM - Meski tengah dilanda kabut asap, para atlet Riau yang tengah berlatih mempersiapkan diri menghadapi Pra PON dan Porwil 2019 masih tetap terus giat berlatih.

Terkait dengan hal itu, Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis memastikan, pihaknya belum mendapat laporan dari pengprov cabor, adanya atlet yang mengalami gangguan kesehatan, baik itu ISPA atau lainnya.

"Sejauh ini belum ada laporan ke kita (atlet yang sakit akibat kabut asap). Tapiakan terus kita pantau kedepannya," ucap Emrizal kepada Riau1.com, Rabu 11 September 2019.

Selain itu, Emrizal Pakis menuturkan, pihaknya mengimbau para pelatih untuk memperhatikan kondisi udara, terutama bagi atlet yang berlatih di luar ruangan.

"Pelatih harus memperhatikan perkembangan asap jika semakin parah sebaiknya inisiatif ambil langkah latihan diliburkan dulu. Jika, asap sudah membaik latihan bisa dilanjutkan lagi," tuturnya.

Loading...

Emrizal mengaku khawatir dengan kabut asap yang melanda Riau sekarang ini. Sebab, kabut asap ini dapat mengganggu jadwal atlet yang akan mengikuti kejuaraan Pra PON 2019 di sejumlah daerah di Indonesia.

"Jangan terulang pada peristiwa 5 tahun lalu, atlet kita tertunda berangkat, ada yang berangkat melalui Bandara Batam, Padang dan Sumatera Utara (Sumut), bahkan ada yang menggunakan jalur darat," ungkapnya.

"Jika kabut asap semakin parah dan mengganggu jarak pandang penerbangan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, tentu ini mengurangi kesempatan atlet bertanding di Pra PON," pungkasnya.