Motivasi Siswa Masuk SMP Negeri, Program KOSMP Fokus pada Cabor O2SN SD

Motivasi Siswa Masuk SMP Negeri, Program KOSMP Fokus pada Cabor O2SN SD

9 Mei 2019
Kepala Dispora Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian

Kepala Dispora Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian

RIAU1.COM - Program Kelas Olahraga Sekolah Menengah Pertama (KOSMP) yang digagas Dispora Kota Pekanbaru dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2019 ini, dan sekarang ini baru sekitar lima cabang olahraga (cabor) yang difokuskan.

Kepala Dispora Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian mengatakan, untuk diawal ini ada lima cabor yang difokuskan pada program KOSMP, yakni pencak silat, bulutangkis, tenis meja, sepak takraw dan futsal.

"Sekarang ini cabor yang kita fokuskan adalah yang dipertandingkan pada O2SN tingkat Sekolah Dasar (SD)," kata Zulfahmi kepada Riau1.com, Kamis 9 Mei 2019.

Zulfahmi mengatakan, dengan adanya lima cabor ini, siswa yang berprestasi di ajang O2SN tapi minim dalam hal akademis, bisa termotivasi untuk masuk SMP negeri dengan adanya program KOSMP.

"Harapan kita, KOSMP ini menjadi tempat untuk cikal bakal lahirnya atlet-atlet terbaik untuk Kota Pekanbaru, sekaligus mewujudkan misi Pekanbaru sebagai kota atlet," tuturnya.

Seperti yang diketahui, untuk pelaksanaan program KOSMP, Dispora sudah melakukan penandatanganan MoU dengan Disdik dan KONI Kota Pekanbaru yang turut disaksikan Walikota Pekanbaru, Firdaus saat peringatan Hardiknas tanggal 2 Mei 2019.

Program yang bertujuan membina atlet pelajar dan juga untuk mewujudkan misi Kota Pekanbaru sebagai kota atlet ini akan dilaksanakan pada bulan Juni atau Juli 2019 mendatang.

Dua sekolah, SMPN 13 Pekanbaru dan SMPN 10 Pekanbaru ditunjuk oleh Disdik Kota Pekanbaru untuk menjalankan program KOSMP.