Di Indonesia, di Kota Inilah Paling Banyak Terjangkit Penyakit yang Disebabkan Kelelawar

Di Indonesia, di Kota Inilah Paling Banyak Terjangkit Penyakit yang Disebabkan Kelelawar

13 November 2018
Kelelawar

Kelelawar

RIAU1.COM - Penyakit Japanese Enchepalitis diketahui kini berada di Indonesia, dan penyebab penyakit ini adalah kelelawar. Disebutkan bahwa Bali dan Manado adalah kota yang paling tidak aman. 

Disebutkan pula bahwa babi, sapi, dan burung-burung air merupakan inang utama untuk perkembangan virus Japanese Enchepalitis (JE), sedangkan manusia merupakan inang terakhir. 

"Penyebab JE salah satunya kelelawar, nyamuk, reservoar atau pembawanya itu seperti babi atau unggas yang hidup biasanya di tempat kotor," kata Vensya Sitohang, Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes. 

Daerah yang paling banyak mengalami kasus JE adalah Provinsi bali Ialu dilanjut dengan Kota Manado, Sulawesi Utara. 

"Selama ini, kita di Indonesia dalam hal ini Kementerian Kesehatan baru memotret penyakit ini dari beberapa site karena memang selama ini kasus yang ada kita temukan di Bali, ranking keduanya itu di Manado," tambahnya. 

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan pada saat ini adalah melakukan evaluasi dan intervensi guna mencegah penularan penyakit ini ke daerah Iain. 

Loading...

"Untuk intervensi penyakit ini kita lakukan vaksinasi yang di-introduce di Bali ini dengan hasil yang cukup bagus. Kita intervensi dengan imunisasi," lanjutnya. 

Nantinya imunisasi JE ini bisa digunakan dari usia 9 bulan hingga 15 tahun. Target yang diharapkan untuk ditangani adalah sekitar 962.810 manusia dengan capaian 979.953 manusia. 

"Harapannya itu mencegah di awal jadi tidak sampai pada kecacatan fisik. Kematian ada, tapi yang ditakutkan adalah catatnya," pungkasnya, seperti dilansir Instagram @indozonehealth, 8 November 2018.