Ini Dia Kesultanan Dengan Sistem Pemerintahaan Terbaik di Nusantara

Ini Dia Kesultanan Dengan Sistem Pemerintahaan Terbaik di Nusantara

30 Januari 2021
Kesultanan Buton (Foto: Istimewa/RRI)

Kesultanan Buton (Foto: Istimewa/RRI)

RIAU1.COM - Saat Nusantara masih belum bernama Indonesia, Kesultana Buton masuk dalam kerajaan dengan sistem pemerintahaan terbaik.

Salah satu buktinya ketika 12 sultan Buton pernah dihukum karena melanggar aturan dikutip dari kumparan.com, Sabtu, 30 Januari 2021.

Ini amat berbeda dengan kesultanan lainnya di Tanah Air yang menganggap raja adalah orang kebal hukum dan bersih dan tak boleh diberi hukuman.

Di sana, hukum ditegakkan secara setara bagi seluruh masyarakat Buton tanpa pandang bulu. Siapapun yang melakukan kesalahan secara hukum, baik itu rakyat jelata ataupun pejabat istana, akan dijatuhi hukuman yang setimpal.

Tak hanya itu, Kesultanan Buton juga mengembangkan sistem perpajakan yang sangat baik jika dibandingkan kerajaan lain. Termasuk memiliki alat pertukaran atau mata uang yang disebut kampua. Alat tukar ini terbuat dari kain yang ditenun. Terjadi di abad ke-17.

Termasuk menjalin hubungan baik dengan seluruh kerajaan di Sulawesi, bahkan hingga ke pulau Jawa. Hubungan diplomatik itu membuat perekonomian di wilayah kesultanan Buton menjadi baik, terutama karena hubungan perdagangannya.