Ada Jejak Bung Karno di Mesjid Jamik Bengkulu

Ada Jejak Bung Karno di Mesjid Jamik Bengkulu

15 Januari 2021
Bung Karno (Foto: Istimewa/internet)

Bung Karno (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tak hanya Masjid Istiqlal, Masjid Baiturrahhim Istana Merdeka, atau Masjid Salman ITB yang dianggap memiliki jejak sejarah peninggalan Bung Karno.

Di Bengkulu, salah satu rumah ibadah umat islam disana juga memiliki jejak dari bapak Proklamator tersebut dikutip dari bungkarno.id, Jumat, 15 Januari 2021.

Masjid itu bernama Masjid Jamik Bengkulu. Jejak Bung Karno terekam saat dirinya dibuang oleh Belanda di Bengkulu. Bertepatan dengan rencana renovasi ulang.

Sebenarnya Masjid ini dibangun pertama kali di kelurahan Kampung Bajak, dekat dengan lokasi pemakaman Sentot Ali Basya, teman seperjuangan Pangeran Diponegoro yang dibuang Belanda ke Bengkulu.

Tak hanya itu, bangunan Mesjid juga sudah berdiri sebelum Bung Karno diasingkan ke Bengkulu pada 1934. Bahkan sudah berdiri di abad ke-18. Kemudian dipindahkan Jalan Soeprapto, Kota Bengkulu.

Disana, Soekarno yang ditunjuk sebagai perancangnya. Masjid tersebut memilik atap berbentuk tiga lapis. Melambangkan iman, Islam dan ikhsan. Dapat dikatakan, bangunan Masjid Jami Bengkulu sekarang ini adalah hasil goresan tangan dari bapak proklamator.

Tak hanya itu, di Bengkulu Soekarno juga mengajar di Sekolah Muhammadiyah Bengkulu.