Apakah Dyah Wijaya Atau Raden Wijaya Bangsawan Yang Dirikan Kerajaan Majapahit?

Apakah Dyah Wijaya Atau Raden Wijaya Bangsawan Yang Dirikan Kerajaan Majapahit?

19 Oktober 2019
Ilustrasi Raden Wijaya (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi Raden Wijaya (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Begitu mendengar kata Majapahit yang teringat tentu sebuah kerajaan besar yang berpusat di Jawa Timur. Namun tahukah siapa pendiri kerajaan Hindu-Budha tersebut?.


Dalam kitab Nagarakertagama, tertulis bahwa pendiri kerajaan Majapahit adalah Dyah Wijaya. Dyah adalah gelar kebangsawanan dan merupakan cikal bakal lahirnya gelar Raden dikutip dari kompas.com, Sabtu, 19 September 2019.

Namun nama aslinya adalah Nararya Singgramawijaya, sesuai dalam prasasti Kudadu yang dibuat Wijaya pada 1294.

Menurut kitab Pararaton, Raden Wijaya adalah putra Mahisa Cempaka yang merupakan pangeran Singasari yang tumbuh di istana kerajaan Singasari.


Karena perubahan silsilah ini orang lebih mengenal nama Raden Wijaya sebagai pendiri sekaligus raja pertama Majapahit yang lihai dalam berstrategi.

Dibawah kekuasaannya Majapahit berkuasa dari tahun 1293 sampai 1500 M dimana mencapai puncak kejayaan saat dipimpin Hayam Wuruk sejak 1350 sampai 1389 dengan daerah kekuasaan mencakup seluruh nusantara.

Wilayah kekuasaannya itu meliputi Sumatra, semenanjung Malaya, Kalimantan, Sulawesi, kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Tumasik (Singapura) dan sebagian kepulauan Filipina. Ditangan Hayam Wuruk, 98 kerajaan pada saat itu berada di genggaman Majapahit.