LSM ini Ungkap Pernyataan Wiranto Sebut Kebakaran Riau Tidak Separah Yang Diberitakan

LSM ini Ungkap Pernyataan Wiranto Sebut Kebakaran Riau Tidak Separah Yang Diberitakan

19 September 2019
Jokowi saat mengunjungi karhutla di Riau (Foto: Istimewa)

Jokowi saat mengunjungi karhutla di Riau (Foto: Istimewa)

RIAU1.COM - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lingkar Hijau Indonesia mengungkap apa sebenarnya terjadi saat Menkopulhukam Wiranto menyebut kebakaran di Riau tidak separah yang diberitakan.

Sikap kritis ini diutarakannya 
saat ditemui di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat dikutip dari suara.com, Kamis, 19 September 2019.


"Wiranto bilang asapnya tidak seheboh pemberitaan, anda datangnya kapan?. Coba presiden dan menteri terkait datangnya pas heboh, pasti sedang terjadi kebakaran," sindir
Aktivis Lingkar Hijau dari Sumatra Selatan Hadi Jatmiko.

Mereka mengetahui bahwa saat Wiranto dan presiden ke Riau, semuanya sudah di setting. Itu kenapa Jokowi saat tiba ke Riau sama sekali tidak menggunakan masker.

"Sebelum presiden datang dilakukanlah hujan buatan, pemadaman, jadi memang ada mobilisasi besar besaran terhadap wilayah-wilayah yang terbakar. Nah sehingga ketika presiden datang itu memang asapnya sedang turun, karena sudah ada setting yang dibuat untuk mengamankan presiden," sebutnya.

Menurutnya saat itu petugas terfokus memadamkan api di wilayah yang akan dikunjungi sehingga terkesan sudah di setting.

Sehingga dia mempertanyakan kembali pernyataan Menkopulhukam Wiranto menyebut kebakaran tidak besar. Bahkan dia menyarankan rombongan presiden datang di saat api kebakaraan hutan sedang berkobar hebat.