//riau1.com/

#nasional

Siap-Siap, Pelaku Santet Terancam 3 Tahun Bui

R1/azhar


Ilustrasi santet (Foto: Istimewa/Internet) Ilustrasi santet (Foto: Istimewa/Internet)

RIAU1.COM - Dalam waktu yang tak terlalu lama lagi, pasal yang mengatur soal kekuatan gaib alias pasal santet akan disahkan.

Itu karena DPR RI dan pemerintah telah sepakat membawa RUU KUHP dalam pembahasan tingkat II pengambilan keputusan pada rapat paripurna untuk segera disahkan dikutip dari suara.com, Rabu, 18 September 2019.

Aturan pidana mengenai pelaku santet itu tertuang dalam Pasal 252 ayat 1 RUU KUHP yang berbunyi setiap orang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib, memberitahukan, memberikan harapan, menawarkan, atau memberikan bantuan jasa kepada orang lain bahwa karena perbuatannya dapat menimbulkan penyakit, kematian, atau penderitaan mental atau fisik seseorang dapat dihukum pidana.


BACA JUGA : Meski Turun Hujan, Namun Jambi dan Palembang Masih Diselimuti Kabut Asap

Iklan Riau1



BACA JUGA : Pernah Jadi Petinggi Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari Kini Jabat Dirut Keuangan Pelindo III


Hukuman bagi pelaku santet bisa diperberat apabila ada niatan dari pelaku untuk mencari untung dengan menjadikan santet sebagai mata pencaharian sebagaimana tertuang dalam Pasal 252 ayat 2.

Bunyi pasal itu adalah setiap orang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) melakukan perbuatan tersebut untuk mencari keuntungan atau menjadikan sebagai mata pencaharian atau kebiasaan, pidananya dapat ditambah dengan 1/3 (satu per tiga).


Informasi
Tlp +62 853 8222 8787
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)
Loading...