Menkopolhukam Wiranto Sampaikan Pesan Presiden Jokowi, Pelaku Karhutla di Riau Ditindak Tegas

Menkopolhukam Wiranto Sampaikan Pesan Presiden Jokowi, Pelaku Karhutla di Riau Ditindak Tegas

16 September 2019
Menko Polhukam Wiranto. Foto: Detik.com.

Menko Polhukam Wiranto. Foto: Detik.com.

RIAU1.COM -Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pelaku kebakaran hutan dan lahan ditindak sangat tegas. Penegak hukum saat ini sudah menindak pelaku, baik perorangan maupun korporasi.

"Masalah penindakan hukum, beliau memberi penekanan bahwa hukum harus dilakukan keras dan tegas kepada siapa pun. Tentunya kita sudah mendapat laporan dari wilayah-wilayah yang terjadi karhutla, itu sudah dilaksanakan suatu proses hukum yang meliputi perorangan maupun korporasi," ujar Menko Polhukam Wiranto dikutip dari Detik.com, Senin (16/9/2019).

Rapat ini juga dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Siti mengatakan, ada 49 unit entitas perusahaan disegel terkait karhutla.

"Hari ini kami mendapatkan lagi pembakar lahan di Tesso Nilo ada 3 orang atas dukungan TNI, sekarang diproses di kantor gakkum. Jadi 49 yang sudah disegel sampai sekarang," kata Siti.

Loading...

Selain tindakan hukum dan pencegahan, pemerintah dan stakeholder terkait melakukan langkah penanggulangan seperti hujan buatan, water bombing, dan penerjunan aparat ke lokasi.

"Dulu pada saat yang sama, itu bulan sekarang, sudah jatuh musim hujan. Sekarang keringnya luar biasa. Tentu itu merupakan kondisi yang mudah sekali terbakar. Dari hasil penelitian kita, kebakaran akibat alam ini itu kecil. Tetapi akibat ulah manusia itu prosentasenya lebih besar," ujar Wiranto.