Foto Penyemaian Awan BPPT di Medsos Bikin Netizen Gagal Fokus, 'Kok Tanggalnya Ditutup Ya Min?'

Foto Penyemaian Awan BPPT di Medsos Bikin Netizen Gagal Fokus, 'Kok Tanggalnya Ditutup Ya Min?'

16 September 2019
Akun medsos @BPPT_RI unggah foto penyemaian awan

Akun medsos @BPPT_RI unggah foto penyemaian awan

RIAU1.COM - Kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan menjadi perhatian, tidak hanya masyarakat Indonesia, tapi juga negara tetangga yang juga merasakan dampak kabut asap.

Menyikapi keluhan masyarakat terkait kabut asap yang tak berujung, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerjasama dengan badan pemerintah lainnya, BPPT terjun menyemai awan di lokasi kabut asap tersebut.

Dilansir Viva.co.id, Senin 16 September 2019, BPPT memosting dan mengabarkan kepada masyarakat sedang menyemai awan tiap hari di lokasi tersebut, namun postingan dan foto penyemaian awan di Twitter dari akun BPPT itu malah menjadi sorotan dan menimbulkan kecurigaan netizen.

Bukan soal penyemaian awan, namun netizen fokus pada foto yang diunggah dalam postingan tersebut. BPPT menampilkan pesawat yang dipakai untuk penyemaian awan. Netizen gagal fokus pada keterangan tanggal penyemaian awan tersebut, karena informasi tanggal ditutup.

Mereka ramai-ramai bertanya melempar pertanyaan diakun BPPT, kapan sih sebenernya foto penyemaian awan itu dilakukan? Apakah pada beberapa hari belakangan ini atau itu foto lama yang diunggah lagi.

Loading...

"Selamat pagi BPPT RI. Saya tidak perduli anda ambil foto ini tanggal berapa. Saya hanya berharap hasil penyemaian yang kalian sudah dan akan lakukan ada hasilnya, karena ini adalah tugas kalian. Semoga berhasil! Saya tidak sabar bernafas bebas di Pontianak," balas akun @flapivirus.

"Pake ditutupin segala, kalao ga ada foto terbaru ya jangan dipaksa pakai foto Mei Min," balas akun @SigerSilver.

"Kok tanggalnya ditutup ya min?" tanya akun @Tercerahkan.

"Dalam melakukan penyemaian awan, yang difikirkan team kami adalah bagaimana cara paling efektif untuk membuat hujan. Kami tidak selalu foto-foto tiap harinya," balas akun @BPPT_RI.