Kalimantan Satu-satunya Pulau Di Indonesia Yang Minim Bencana Gempa

Kalimantan Satu-satunya Pulau Di Indonesia Yang Minim Bencana Gempa

25 Agustus 2019
Pulau Kalimantan dari citra satelit (Foto: Istimewa/Internet)

Pulau Kalimantan dari citra satelit (Foto: Istimewa/Internet)

RIAU1.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membeberkan fakta menarik soal kondisi Pulau Kalimantan yang saat ini dipilih sebagai pengganti Ibu Kota Indonesia.


Dikutip dari tempo.co, Minggu, 25 Agustus 2019 fakta menarik itu adalah Kalimantan merupakan satu-satunya pulau di Indonesia dengan tingkat aktivitas gempa relatif paling rendah.

"Secara umum wilayah Pulau Kalimantan masih relatif lebih aman jika dibanding daerah lain di Indonesia, seperti Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Papua yang memiliki catatan sejarah gempa merusak dan menimbulkan korban jiwa sangat besar," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Menurutnya itu karena salah satu wilayah Pulau Kalimantan memiliki jumlah struktur sesar aktif jauh lebih sedikit daripada pulau-pulau lain di Indonesia.

Selain itu, Pulau Kalimantan lokasinya cukup jauh dari zona tumbukan lempeng (megathrust), sehingga suplai energi yang membangun medan tegangan terhadap zona seismogenik. 

Kondisi Pulau Kalimantan juga tidak sekuat dengan akumulasi medan tegangan zona seismogenik yang lebih dekat dengan zona tumbukan lempeng.