YLKI Imbau Panitia Idul Adha Bungkus Daging Kurban dengan Non Plastik

YLKI Imbau Panitia Idul Adha Bungkus Daging Kurban dengan Non Plastik

10 Agustus 2019
Ilustrasi pria memotong daging kurban. Foto: Shutterstock.

Ilustrasi pria memotong daging kurban. Foto: Shutterstock.

RIAU1.COM -Umat Islam akan merayakan Idul Adha 1440 Hijriyah pada 11 Agustus 2019. Perayaan Idul Adha ditandai dengan pemotongan hewan kurban, dan dilanjutkan dengan pembagian daging kurban. 

Dilansir dari Kumparan.com, Sabtu (10/8/2019), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengimbau agar daging kurban tidak dibagikan dengan pembungkus kantong plastik. YLKI mengimbau agar panitia Idul Adha menyiapkan dan membungkus daging kurban dengan bungkus non plastik. 

"Pengurangan penggunaan kantong plastik sangat urgen untuk menekan konsumsi sampah plastik. Ingat, Indonesia adalah penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia," kata Ketua Harian YLKI Tulus Abadi.

Kalau pun harus dengan pembungkus kantong plastik, panitia penyembelihan daging kurban harus memastikan 2 hal. Pertama, panitia harus menjamin bahwa plastik yang digunakan merupakan jenis plastik yang ramah lingkungan.

"Jenis plastik yang digunakan gampang/mudah diurai oleh lingkungan (bio degradable)," ujarnya.

Kedua, panitia harus menjamin bahwa jenis plastik yang digunakan adalah jenis food grade, jenis plastik yang aman untuk pembungkus makanan, termasuk daging kurban.

"Dan jangan sampai daging kurban dibungkus dengan tas kresek warna hitam," ucapnya.