Menkeu Sri Mulyani Pastikan Pemerintah Belum Punya Rencana Perubahan PPN Avtur

Menkeu Sri Mulyani Pastikan Pemerintah Belum Punya Rencana Perubahan PPN Avtur

14 Juli 2019
Pengisian bahan bakar Avtur oleh Pertamina. Foto: Pertamina.

Pengisian bahan bakar Avtur oleh Pertamina. Foto: Pertamina.

RIAU1.COM -Pemerintah sejauh ini belum memiliki rencana untuk melakukan perubahan terhadap pajak pertambahan nilai (PPN) untuk avtur. Pajak avtur sejauh ini masih akan dilaksanakan sesuai aturan yang telah ada.

"Tidak ada. Kami lihat yang selama ini sudah berjalan nanti kita lihat kebutuhannya seperti apa," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dikutip dari Kumparan.com, Minggu (14/7/2019).

Sri Mulyani juga enggan menjelaskan lebih jauh mengenai kemungkinan Kementerian Keuangan mengkaji aturan ini. Adapun pernyataan Sri Mulyani ini sedikit berbeda dengan yang pernah dia sampaikan pada Februari 2019.

Saat itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyampaikan bersedia untuk mengkaji besaran pajak avtur agar setara dengan negara-negara lain. Mengingat, masalah tersebut dituding sebagai salah satu penyebab mahalnya harga tiket pesawat.

Loading...

"Kita bersedia untuk membandingkan dengan negara lain. Kita selalu bandingkan dengan Singapura, Kuala Lumpur. Kalau treatment PPN itu sama, kita akan berlakukan sama," kata Sri Mulyani pada Februari.

Kajian penurunan PPN avtur tersebut juga dilakukan. Agar, tidak ada lagi kompetisi yang tidak sehat antara Indonesia dengan negara lainnya.