//riau1.com/

#nasional

Pilih Mana, Air Hangat Atau Dingin Larutkan Susu Formula? Ini Jawaban Dari Ahli

R1/azhar


Ilustrasi susu formula (Foto: hellosehat.com) Ilustrasi susu formula (Foto: hellosehat.com)

RIAU1.COM -Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan kepada para orang tua untuk melarutkan susu formula hanya dengan suhu minimal 70 derajat celsius.

Dikutip dari kumparan.com, Selasa, 11 Juni 2019 untuk mendapatkan suhu 70 derajat celsius lakukan dengan cara mendiamkan air yang sudah mendidih selama 10 menit, kemudian campurkan dengan susu formula.

Namun jika sudah dibuat namun susu masih panas, dapat diturunkan suhunya dengan cara meletakkan botol atau gelas berisi susu dalam wadah air dingin.

Pada kesempatan yang berbeda, dokter spesialis anak dari Brawijaya Hospital Bojongsari, Depok, dr Galih Linggar Astu, Sp.A, mengatakan tujuan melarutkan susu formula dengan suhu minimal 70 derajat celsius untuk membunuh bakteri yang terkandung dalam susu.

"Karena bakteri yang ditambahkan ke susu formula akan mati dalam suhu di atas 65 derajat celsius," sebutnya. Jika tidak memiliki air 70 derajat celsius air dingin masih dapat dipergunakan untuk melarutkan susu formula.

"Air dingin tidak akan mempengaruhi nutrisi pada susu formula. Namun, ada risiko bakteri kontaminan tidak mati dan bisa menyebabkan anak sakit," imbuhnya.


BACA JUGA : Imigrasi Siapkan Counter Khusus Sambut Jemaah Dari Tanah Suci




BACA JUGA : TNI-AL Ungkap Identitas Pembajak Kapal Nelayan Di Dobo


Jika susu formula tidak langsung diminum, sebaiknya dinginkan dan simpan dalam wadah tertutup rapat, masukkan dalam kulkas dengan suhu kurang dari 5 derajat celsius. Habiskan susu dalam waktu kurang dari 2 jam.


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)