Ma'ruf Amin Sebut Dana Abadi Riset Akan Disediakan dan Program JKN KIS Dilanjutkan

Ma'ruf Amin Sebut Dana Abadi Riset Akan Disediakan dan Program JKN KIS Dilanjutkan

17 Maret 2019
Cawapres 01 KH Ma'ruf Amin. Foto: Riau1.

Cawapres 01 KH Ma'ruf Amin. Foto: Riau1.

RIAU1.COM-Sebuah riset dapat menentukan maju-mundurnya negara. Karena itu, riset akan dikembangkan dengan mengkoordinasikan semua alokasi dana.

Hal ini disampaikan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 02 KH Ma'ruf Amin dalam sesi debaf t cawapres menjawab pertanyaan panelis untuk tema pendidikan di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

"Kami bentuk badan riset nasional. Kami juga akan maksimalkan rencana induk riset nasional yang sudah ada dioptimalisasi sehingga menjadi efektif," katanya.

Dana abadi riset akan disediakan. Dengan begitu, riset akan dapat berhasil memajukan negara ini di masa mendatang.

"Kami juga merencanakan mengikutsertakan semua pihak, akademisi, pemerintah, dunia usaha, dan industri. Dengan begitu, riset berkembang menjadi riset yang bisa membangun Indonesia ke depan," harap Ma'ruf Amin.

Sesi selanjutnya bertema kesehatan. Menjawab pertanyaan panelis, Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS). Program ini merupakan sebuah langkah besar.

"Melalui program ini, kita memiliki asuransi sosial yang besar," tuturnya.

Sebenarnya, pemerintah sudah melakukan langkah besar dalam rangka memberikan pelayanan dengan harga murah. Untuk memaksimalkan manfaat ini, pelayanan terus ditingkatkan dengan memberikan pusat kesehatan yang dapat dijangkau masyarakat dengan layanan baik, dokter yang siap, dan obat cukup.