UI Masuk Top 100 Emerging Economies University Ranking, Bukti Pendidikan Indonesia Mampu Bersaing

UI Masuk Top 100 Emerging Economies University Ranking, Bukti Pendidikan Indonesia Mampu Bersaing

19 Januari 2019
Balairung dan Rektorat Universitas Indonesia. Foto: Antara.

Balairung dan Rektorat Universitas Indonesia. Foto: Antara.

RIAU1.COM -Universitas Indonesia (UI) menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi dari Indonesia yang masuk ke dalam Top 100 Emerging Economies University Ranking. Pemeringkatan dilakukan terhadap 442 Perguruan Tinggi dari 43 negara berkembang di dunia.

"UI berhasil menduduki peringkat ke-82 dalam kancah pemeringkatan universitas terbaik di Negara Berkembang versi Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) daftar Emerging Economies University Rankings2019," kata Rektor UI Profesor Muhammad Anis dikutip dari Antara, Jumat (18/1/2019).

Peringkat pertama hingga ke-empat didominasi oleh Perguruan Tinggi China, yaitu Tsinghua University, Peking University, Zhejiang University dan University of Science and Technology of China (masing-masing menduduki Peringkat 1, 2, 3 dan 4 secara berturut-turut).

"Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) merilis daftar Emerging Economies University Rankings 2019 melalui laman https://www.timeshighereducation.com," ungkap Profesor Anis.

Sedangkan tiga Perguruan Tinggi Malaysia berhasil masuk ke dalam jajaran Top 100 Universitas terbaik, yaitu University of Malaya, Universiti Teknologi Petronas dan Universiti Teknologi Malaysia (peringkat 18, 60, 86 secara berturut-turut).

"Pencapaian ini adalah bukti bahwa Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya di dunia," sebut Profesor Anis.