Bupati Meranti Resmikan Jembatan Usman Samad Sungai Tohor

Bupati Meranti Resmikan Jembatan Usman Samad Sungai Tohor

27 Oktober 2020
Jembatan Usman Samad, Penghubung Desa Sungai Tohor dan Sungai Tohir Barat

Jembatan Usman Samad, Penghubung Desa Sungai Tohor dan Sungai Tohir Barat

RIAU1.COM - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, meresmikan jembatan Usman Samad penghubung Desa Sungai Tohor dengan Desa Sungai Tohor Barat Selasa (27/10/2020).

Peresmian jembatan Usman Samad langsung dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, yang ditandai dengan pemotongan pita didampingi Asisten II Sekdakab. Meranti Drs. Asroruddin M.Si, Kadis Perindag Meranti H. M. Azza Fahroni, Plt. Kadis PU Meranti H. Abu Hanifah, Kadis Perpustakaan Meranti Husni Gamal, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi MH, dan tamu undangan lainnya.

Jembatan Usman Samad yang diresmikan Bupati Irwan, dibangun dengan menggunakan APBD Meranti Tahun 2017 dan Tahun 2019. Dengan total 40 Miliar lebih untuk membangun Bentang Tengah dan Bentang Pendekat Kiri-Kanan. Memiliki lebar 9 M, Panjang 60 Meter, Plus Panjang Bentangan Pendekat 210 M.

Menyikapi peresmian jembatan Usman Samad tersebut, mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat Tebing Tinggi Baserah, menurutnya jembatan penghubung ini sudah lama diidam-idamkan masyarakat didua desa yakni Desa yakni Sungai Tohor dan Sungai Tohor Barat untuk itu mewakili masyarakat ia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab. Meranti yang telah mewujudkannya.

Sekilas diceritakan Baserah, nama Usman Samad yang menjadi nama jembatan penghubung ini memiliki sejarah, nama itu merupakan penyatuan 2 nama tokoh desa Sungai Tohor yang sangat berjasa terhadap masyarakat.

"Usman merupakan Datuk Penghulu diwilayah Sungai Tohor tempo dulu dan Samad Bin Hatta adalah orang yang pertama kali membuka Desa Sungai Tohor, setelah menggelar rapat akhirnya kami menyepakati nama tersebut sebagai nama jembatan ini," cerita Baserah. 

Berkat adanya jembatan ini akan mempermudah akses masyarakat Desa Sungai Tohor dan Sungai Tohor Barat. Bukan hanya jembatan Pemkab. Meranti juga telah membangun jalan Base Tj. Sari dan Jalan Desa Lukun yang saat ini masih dalam progres.

Loading...

Sementara itu Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, mengaku Pemkab. Meranti akan terus meningkatkan pembangunan Infrastruktur mulai dari kota hingga pedesaan. Seperti yang saat ini dilakukan diwilayah Kecamatan Tebing Tinggi Timur. Jika dulunya untuk menyeberang dari Sungai Tohor ke Sungai Tohor Barat sangat berat kita sudah jauh berubah aksesbilitas semakin lancar.

"Aura kemajuan sudah terlihat, semoga dengan adanya jembatan ini akan semakin meningkatkan sinergitas masyarakat didua desa ini," ucap Irwan.

Agar manfaat jalan dan jembatan yang dibangun oleh Pemerintah Daerah ini lebih optimal, tak lupa Irwan mengajak segenap masyarakat untuk menjaga dan merawat fasilitas umum tersebut karena tanpa dukungan masyarakat tak ada artinya.

"Semoga fasilitas ini awet dan terus dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memberikan kemudahan aksesbilitas," harapnya.