Baznas Kepulauan Meranti Distribusikan Zakat ke 385 Penerima

Baznas Kepulauan Meranti Distribusikan Zakat ke 385 Penerima

2 Mei 2019
Penyerahan Bantuan Program Meranti Produktif

Penyerahan Bantuan Program Meranti Produktif

RIAU1.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Meranti melakukan pendistribusian dana zakat kepada 385 mustahiq atau penerima yang berada di Kecamatan Tebingtinggi.

Ketua Baznas Kepulauan Meranti, Sunarto mengatakan ada berapa zakat dari program yang disalurkan ke mustahiq, diantaranya Program Meranti Produktif, Meranti Konsumtif dan Program Meranti Cemerlang.

"Program Meranti Produktif obyeknya adalah orang miskin yang mempunyai kemauan untuk mempunyai usaha dalam meningkatkan perekonomiannya. Dalam Program Meranti Produktif ini mereka diberikan modal untuk membuka usaha" ujarnya. 

Nantinya, setiap dua minggu sekali pihaknya akan melakukan pendampingan kepada para penerima untuk memberi motivazi kepada mereka. 

"Setiap dua minggu sekali kita lakukan pendampingan dengan memberikan motivasi dan dorongan agar kedepannya bisa mengentaskan kemiskinan, mensejahterakan masyarakat dan mencerdaskan umat. Tidak hanya dibantu secara materi, tapi juga pembekalan secara kerohanian," kata Sunarto.

Selanjutnya Program Meranti Konsumtif, dimana program ini bersifat bulanan dan tahunan, setiap mustahiq akan diberikan 2 bentuk bantuan yakni beras dan uang tunai.

"Program Meranti Konsumtif ini ada yang dibagikan bulanan dan ada yang tahunan. Untuk Kecamatan Tebingtinggi hari ini kita berikan kepada sebanyak 385 mustahiq dengan beras sebanyak 5 kg dan uang tunai sebesar Rp250 ribu," kata Sunarto.

Selanjutnya dijelaskan, ada Program Meranti Cemerlang. Dimana melalui program ini Baznas Kepulauan Meranti mengirimkan lima anak untuk diselolahkan secara gratis.

"Tahun ini kita kembali mengirimkan lima anak Meranti yang notabene adalah Muallaf untuk disekolahkan di Pesantren dan Sekolah Baznas Cendekia Bogor. Mereka akan belajar selama 3,5 tahun dan ditargetkan bisa hafal 5 jus Al Quran," terang Sunarto.