Penderita TB Meningkat, PKM Alah Air Bentuk Kader Srikandi TB

Penderita TB Meningkat, PKM Alah Air Bentuk Kader Srikandi TB

12 Maret 2019
Penderita TB Meningkat PKM Alah Air Bentuk Kader Srikandi TB

Penderita TB Meningkat PKM Alah Air Bentuk Kader Srikandi TB

RIAU1.COM - Jumlah penderita penyakit tuberculosis (TB) yang tercatat di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Alah Air meningkat pada tahun 2018. Untuk itu dalam rangka membebaskan TB, PKM Alah Air membentuk dan melatih para kader yang dinamakan Srikandi TB.

Kepala PKM Alah Air, Sista Nirmala mengatakan Srikandi TB itu merupakan kader-kader perwakilan dari masing-masing desa atau kelurahan diwilayah kerja PKM Alah Air yang telah dilakukan pembinaan dan pelatihan tentang TB. Nantinya mereka bertugas sebagai duta di masyarakat dalam penjaringan suspect TB dengan memberikan sosialisasi tentang TB.



"Selain memberikan sosialisasi, para Srikandi TB juga mengajak dan mensupport masyarakat yang memiliki ciri-ciri ke arah suspect TB seperti batuk lebih dari 2 minggu, batuk berdarah, nafsu makan menurun, dan demam disertai keringat pada malam hari," kata Sista, Selasa (12/3/2019).

Ia menekankan bahwa TB bukan penyakit keturunan dan kutukan namun TB dapat menurun apabila seseorang terkena dahak penderita TB yang mengandung kuman TB.



"Untuk itu, jika ada yang merasa gejala penyakit TB, maka bisa langsung melaporkan ke Srikandi TB, nanti kader akan menyediakan tempat dahak dan akan diperiksa apakah positif TB atau tidak" ujarnya.

Adapun kasus TB di PKM Alah Air tercatat mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2017 lalu ada 51 kasus sedangkan pada tahun 2018 meningkat menjadi 67 kasus.

Sementara itu, wilayah yang menjadi wilayah kerja PKM Alah Air adalah Kelurahan Selatpanjang Barat, Selatpanjang Selatan, Desa Alah Air, Alah Air Timur, Desa Banglas, Banglas Barat dan Desa Sesap.

Loading...