Mulai Mei Mendatang, Bansos Rastra di Meranti Akan Berganti Dengan BNPT

Mulai Mei Mendatang, Bansos Rastra di Meranti Akan Berganti Dengan BNPT

11 Maret 2019
Sekretaris Dinsos P3AP2KB Meranti - Misri Hastanto

Sekretaris Dinsos P3AP2KB Meranti - Misri Hastanto

RIAU1.COM - Bantuan Beras Sejahtera (Rastra) yang merupakan program bantuan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia masih akan diterima masyarakat kurang mampu di Kabupaten Kepulauan Meranti dalam bentuk beras. Namun, mulai dari bulan Mei mendatang hingga seterusnya, bantuan akan berganti menjadi Program Bantuan Non Tunai (BPNT).

Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Misri Hasanto mengatakan masyarakat nantinya akan menerima bantuan uang nontunai yang diberikan dalam bentuk kartu Keluarga Sejahtera (KKS).



"Nantinya keluarga penerima manfaat (KPM) tidak lagi menerima beras, namun mereka menerima uangnya sejumlah Rp110.000 perbulan yang ditransfer ke dalam Kartu Keluarga Sejahtera, nantinya uang itu hanya dibolehkan untuk membeli dua jenis barang saja yakni beras dan telur," ujar Misri, Senin (11/3/2019).

Diketahui, nantinya setiap desa akan di bentuk satu e-Warung sebagai tempat KPM untuk bertransaksi dan hanya di e-warung itulah kartu keluarga sejahtera tersebut dapat digunakan.



"Setiap KPM hanya bisa membelanjakan uang tersebut di e -Warung yang ada di desa yang nantinya akan dibentuk oleh Bank yang bermitra dengan kita. Setiap 250 KPM akan dibentuk satu e warung bahkan bisa lebih," ujar Misri.

Misri juga mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi di setiap desa. "Sosialisasi sudah merata kita lakukan disetiap desa yang masyarakatnya penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang disampaikan oleh pendamping PKH yang bekerjasama dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) pungkasnya.