PT RAPP Siap Siaga Personil dan Peralatan Cegah Karhutla

PT RAPP Siap Siaga Personil dan Peralatan Cegah Karhutla

25 Februari 2021
Apel siaga Karhutla

Apel siaga Karhutla

RIAU1.COM -Guna mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Salah satu perusahaan Pabrik kertas (Pulp and Paper) terbesar di Asia Tenggara, sangat peduli terhadap Karhutla dan Siap Siaga dengan Personil dan dilengkapi peralatan.

Sebelum diterjunkan personilnya untuk mencegah terjadinya karhutla, maka digelar Apel Siaga bertempat dihalaman Polres Kuantan Singingi dipimpin langsung Kapolres Kuansing, AKBP Henky Poerwanto, S.Ik. MM, Rabu (24/2).

Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto S.Ik. MM dalam amanatnya mengatakan agar semua pihak ikut dalam upaya penanggulangan bencana alam longsor, banjir dan Karlahut di wilayah Kuansing.

Dirinya sangat mengapresiasi PT. RAPP yang telah peduli terhadap Karhutla, mulai dari kesiapsiagaan personil maupun peralatan.

Selanjutnya, meminta  seluruh Stakeholder mulai dari Kabupaten, Kecamatan sampai tingkat desa untuk bersinergi dalam penanggulangan bencana alam, banjir, longsor dan Karhutla di Kuansing," Ujarnya.

Selain itu, Katanya, Meminta kepada pihak perusahaan yang ada di Kuansing, untuk melengkapi sarana prasarana untuk penanggulangan Karhutla.

Sementara Estate Manager Cerenti RAPP, Asep Nugraha Budiawan sangat menyambut baik kegiatan Apel Siaga Karhutla, yang diadakan di Polres. Selain melakukan pencegahan dan penanggulangan Karhutla di dalam izin konsesi, perusahaan juga berperan aktif dalam penanggulangan karhutla di desa-desa yang ada di Kuansing perusahaan, dan juga memfasilitasi pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) di desa seputar operasional perusahaan.

" Untuk Karhutla ini, RAPP, APRIL Group menyiagakan sebanyak 2.275 tim Fire Fighter di seluruh wilayah operasional perusahaan," Ujarnya.
 
Personil fire fighter tersebut, terdiri dari tim inti 1.156 orang, tim cadangan 640 orang dan MPA sebanyak 480 orang. Para personil juga dilengkapi berbagai peralatan seperti berbagai jenis pompa pemadam sebanyak 521 unit dan selang sebanyak 4.107 rol atau setara dengan 123 kilometer," Tambahnya.

" Personil juga diperkuat dengan sejumlah armada seperti helikopter yang siap siaga, airboat, mobil dan motor patroli, drone, serta CCTV yang dipasang untuk memonitor area konsesi dan sekitarnya," Tuturnya. (Zar/Rls)