Dinas Kopdagrin Wacanakan Para Pegawainya Pakai Baju Batik Kuansing Mulai September Nanti

Dinas Kopdagrin Wacanakan Para Pegawainya Pakai Baju Batik Kuansing Mulai September Nanti

5 Juli 2019
Kepala Dinas Kopdagrin Kuansing, Azhar

Kepala Dinas Kopdagrin Kuansing, Azhar

RIAU1.COM - Tidak hanya sekedar diperkenalkan dalam ajang ameran tingkat nasional di Jakarta pada bulan Oktober 2019 mendatang, Dinas Kopdagrin Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) juga punya cara lain untuk mengeksiskan Batik Kuansing.

Cara lainnya, pada bulan September 2019 nanti, seluruh ASN di lingkungan Dinas Kopdagrin Kuansing akan mengenakan seragam dengan motif Batik Kuansing.

"Kita juga harapkan agar penggunaan baju batik Kuansing, dapat diberlakukan juga kepada seluruh Pegawai Pemkab Kuansing," kata Kepala Dinas Kopdagrin Kuansing, Azhar, Jumat 5 Juli 2019.

Azhar mengungkapkan, tujuan para ASN mengenakan baju Batik Kuansing, dalam rangka membantu dan mendukung eksistensi Batik Kuansing, sekaligus untuk mempromosikannya.

"Siapa lagi yang akan memperkenalkannya, kalau bukan dimulai dari kita," sebutnya.

Menyoal motif yang ditampilkan dalam baju Batik Kuansing, Azhar merincikan, terdiri dari motif Jalur, motif Calempong, motif Cipuik Ba Iring, motif Perahu Baghanduang, motif Pendayung, motif Paku dan sebagainya.

"Beberapa waktu lalu, kita juga sudah melakukan pelatihan Tenaga Pembatik sebanyak 70 orang, dan kedepannya juga akan ada Program Kampung Batik di Kuansing," pungkasnya.