Batik Kuansing Bakal Diperkenalkan di Pameran Tingkat Nasional

Batik Kuansing Bakal Diperkenalkan di Pameran Tingkat Nasional

5 Juli 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Batik asal Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sudah mulai eksis dan dipakai oleh masyarakatnya. Namun masih sangat perlu diperkenankan kepada masyarakat luas, dan harusnya sudah Go Nasional atau Go Internasional.

Untuk bisa mencapai hal itu, Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Kopdagrin) Kuansing bekerjasama dengan Dekranasda Riau untuk memakai baju Batik Kuansing pada Pameran yang digelar Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pada bulan Oktober 2019 mendatang.

"Pada pameran tingkat nasional, yang diikuti seluruh kabupaten/kota di Indonesia, para penjaga stand pameran akan memakai baju Batik asal Kuansing," kata Kepala Dinas Kopdagrin Kuansing, Azhar, Jumat 5 Juli 2019.

Azhar menuturkan, langkahtersebut sesuai dengan arahan Kepala Dinas Kopdagrin Riau beberapa waktu lalu. Dimana untuk menghadapi pameran tingkat nasional, seluruh Penjaga stand pameran memakai baju Batik Kuansing.

"Ini sudah diagendakan, dan sesuai arahan Kadis Kopdagrin Riau agar memakai baju Batik Kuansing saat pameran tingkat nasional di Jakarta bulan Oktober nanti," tuturnya.

Menyoal motif yang ditampilkan dalam baju Batik Kuansing, Azhar merincikan, terdiri dari motif Jalur, motif Calempong, motif Cipuik Ba Iring, motif Perahu Baghanduang, motif Pendayung, motif Paku dan sebagainya.

"Beberapa waktu lalu, kita juga sudah melakukan pelatihan Tenaga Pembatik sebanyak 70 orang, dan kedepannya juga akan ada Program Kampung Batik di Kuansing," pungkasnya.