Polda Riau Bekuk Dalang Hilangnya Baut dan Lempeng Baja Jembatan Siak IV Pekanbaru

Polda Riau Bekuk Dalang Hilangnya Baut dan Lempeng Baja Jembatan Siak IV Pekanbaru

30 Agustus 2019
Kedua pelaku usai diamankan di Mapolda Riau.

Kedua pelaku usai diamankan di Mapolda Riau.

RIAU1.COM -Jajaran Sub-Direktorat III Reserse Kriminal Umum Polda Riau, berhasil menggulung kawanan pencuri yang menggasak baut hingga lempeng baja dari Jembatan Siak IV, Kota Pekanbaru. Hilangnya baut yang menjadi komponen jembatan ini sempat membuat heboh, karena bisa berdampak pada daya tahan jembatan terhadap beban.

Teka-teki biang kerok atas hilangnya baut hingga tutup main hole box girder (lempeng baja, red) berhasil diungkap Direktorat Reskrimum Polda Riau, di mana dua orang turut diamankan dalam penangkapan pada Kamis 29 Agustus 2019 sore kemarin. Keduanya diciduk oleh Resmob Polda Riau tanpa perlawanan.

Kasubdit III Reskrimum Polda Riau AKBP Muhammad Kholid melalui Kanit Jatanras AKP J Sitanggang menuturkan, penangkapan dilakukan jajarannya di daerah Kecamatan Rumbai Pesisir, masing-masingnya berinisial Ra (18) dan DS (26). Kini mereka sudah dijebloskan ke sel tahanan.

Selain menangkap Ra dan DS, kepolisian juga tengah memburu rekan mereka yang lain, yang juga turut terlibat dalam pencurian material jembatan tersebut. "Kita masih melakukan pengembangan," yakin AKP J Sitanggang berbincang dengan Riau1.com, Jumat 30 Agustus 2019 sore.

Dalam melancarkan aksinya, komplotan ini kerap memilih waktu saat hilir mudik kendaraan sepi, tepatnya dinihari. "Caranya dengan memanjat menggunakan tangga, kemudian bergantian membuka baut dengan kunci yang memang sejak awal sudah disediakan," beber dia.

Tak main-main, dalam setiap aksinya para pelaku berhasil mengambil dua sampai tiga lempeng baja. Setelah itu, barang curian kemudian dijual ke penampung besi tua di Jalan Nelayan dan daerah Palas, Kecamatan Rumbai. "Ada 36 lempeng baja yang dicuri," pungkas J Sitanggang.

Mengejutkannya lagi, mereka mengaku juga kerap mengonsumsi Narkoba jenis Sabu. Entah apakah hal tersebut yang memicu sehingga para pelaku nekat menggondol baut dan lempeng baja jembatan, atau karena faktor lainnya.