Jambret Bersenjata Tajam di Pekanbaru Dilumpuhkan Polantas Bermodal Tangan Kosong

Jambret Bersenjata Tajam di Pekanbaru Dilumpuhkan Polantas Bermodal Tangan Kosong

28 Juni 2019
Terduga pelaku jambret yang diamankan Polantas di Jalan Senapelan Pekanbaru.

Terduga pelaku jambret yang diamankan Polantas di Jalan Senapelan Pekanbaru.

RIAU1.COM -Seorang pria yang diduga sebagai penjambret berhasil diamankan setelah bergumul di jalan raya dengan seorang anggota polisi dari Direktorat Lalu Lintas Polda Riau, Kamis 27 Juni 2019 sore.

Penjambret yang membawa senjata tajam itu dibuat keok oleh Polantas bernama Bambang Apriyanda, bermodalkan tangan kosong. Polisi berpangkat Brigadir ini sukses meringkus pelaku, saat akan melarikan diri.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto menceritakan, saat kejadian Bambang sedang berjalan menuju Masjid Raya di Jalan Senapelan, Pekanbaru yang lokasinya bersebelahan dengan kantor Ditlantas Polda Riau.

"Ketika di pertigaan Jalan Senapelan - Masjid Raya, anggota kita ini melihat ada ibu-ibu yang berjalan kaki berteriak jambret dan menunjuk ke arah salah seorang pengendara sepeda motor matik," ujarnya.

Melihat kejadian itu, Brigadir Bambang pun spontan bertindak dengan berupaya menghadang pemotor tersebut. Upayanya pun berhasil membuat terduga pelaku panik hingga motor yang dikendarainya hilang keseimbangan.

"Kemudian pada saat belok ke kanan menuju Jalan Senapelan, sepeda motor terduga pelaku menabrak pemotor lainnya yang melaju dari arah Jembatan Siak III menuju Jalan Ahmad Yani," sambung Sunarto.

Benturan itu membuat penjambret ini terjatuh, begitu pula pemotor yang ditabraknya. Sementara Brigadir Bambang yang sejak awal berupaya mencegat pelaku, langsung menolong pemotor yang ditabrak tersebut.

"Saat itu, terduga pelaku berdiri tergesa-gesa dan gelagatnya berupaya melarikan diri menggunakan sepeda motornya. Petugas kita kemudian berupaya menggagalkannya," lanjut Kabid Humas Polda Riau.

Tak ingin pelaku lolos, Bambang langsung melayangkan terjangannya ke arah pria tersebut dan berupaya meringkusnya. Upaya Polantas ini ternyata mendapat perlawanan cukup sengit dari pelaku, yang sekuat tenaga mencoba melepaskan diri.

Sadar jika pelaku membawa senjata tajam, Brigadir Bambang pun bertindak cepat dengan mencabut senjata api dinasnya dan langsung menodongkannya ke terduga penjambret tersebut. Singkat cerita, pria itu akhirnya menyerah.

"Saat itu ditemukan tas yang diduga hasil jambret dari pria tersebut. Anggota kita kemudian mengamankan terduga pelaku berikut dengan barang bukti tas warna biru dongker gelap," pungkasnya.