Malangnya, Bayi Orang Utan Ini Diselundupkan Dengan Cara Seperti Ini

Malangnya, Bayi Orang Utan Ini Diselundupkan Dengan Cara Seperti Ini

26 Juni 2019
Tim dokter dari BBKSDA Riau sedang menangani kondisi bayi orang hutan (Foto:Zar/Riau1.com)

Tim dokter dari BBKSDA Riau sedang menangani kondisi bayi orang hutan (Foto:Zar/Riau1.com)

RIAU1.COM -Petugas gabungan berhasil menggagalkan penyelundupan tiga bayi Orang Utan (Pongo Sp) yang didatangkan dari Pekanbaru menuju Kota Dumai disembunyikan dalam kotak karton.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumbar Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono mengatakan tak hanya tiga ekor Orang Utan, beberapa binatang dilindungi lainnya juga berhasil diselamatkan oleh petugas.

"Selain bayi Orang Utan, total ada enam karton berisi satwa dilindungi tanpa dilengkapi dokumen berhasil kita amankan," sebutnya, Rabu, 26 Juni 2019.


Beberapa diantaranya adalah dua ekor monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis), satu ekor Siamang (Symphalangus syndactylus) dan satu ekor Binturong (Arctictis binturong).

Selain barang bukti yang berhasil mereka sita, petugas gabungan yang terdiri dari Penyidikan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (TMP) B Dumai, POM AL dan POM AD berhasil mengamankan dua orang pelaku.

"Dua pelaku berinisial SP dan JD diamankan dalam kendaraan Toyota Kijang Inova beserta barang bukti saat berada di Dumai. Binatang tersebut akan diselundupkan ke Malaysia melalui Pelabuhan Rakyat di Purnama, Kota Dumai," imbuhnya.

Setelah diselamatkan, BBKSDA Riau menitipkan tiga ekor Orang Utan ke Pusat Konservasi Orangutan Batu Embelin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara untuk menjalani perawatan lebih lanjut. Sementara sisanya, berada dalam pengawasan mereka di Pekanbaru.