79 Napi Rutan Klas II B Siak Sudah Dievakuasi ke Sialang Bungkuk Pekanbaru

79 Napi Rutan Klas II B Siak Sudah Dievakuasi ke Sialang Bungkuk Pekanbaru

11 Mei 2019
Puluhan narapidana Rutan Klas II A Siak tiba di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru

Puluhan narapidana Rutan Klas II A Siak tiba di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru

RIAU1.COM - Sekitar 79 narapidana dari Rutan Klas II A Siak, Riau akhirnya tiba Rutan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Sabtu 11 Mei 2019 malam.

Dengan menggunakan dua unit bus dan satu mobil tahanan Kejari Siak, puluhan narapidana dari Kota Istana Matahari Timur itu dievakuasi ke Pekanbaru buntut kerusuhan yang terjadi di Rutan Klas II A Siak dinihari tadi.

Kepala Rutan Klas II B Sialang Bungkuk Pekanbaru, Riko Stiven mengatakan, 79 narapidana ini merupakan trip pertama yang tiba di Pekanbaru, dan diperkirakan masih ada penambahan.

"Informasi yang kita dapat, ada sekitar 130 orang (narapidana) pindahan dari Siak untuk Rutan Pekanbaru," ujar Riko kepada awak media, Sabtu malam.

Riko mengungkapkan, Rutan Sialang Bungkuk sekarang ini sudah over kapasitas. Namun ia mengakui siap menampung para narapidana yang dievakuasi dari Rutan Klas II A Siak.

"Sampai hari ini, total tahanan dan narapidana di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru berjumlah 1.715 orang ditambah 130 orang nanti, dan ini baru trip pertama 79 orang," ungkapnya.

Loading...

Masih kata Riko, meski kondisi sekarang ini sudah over kapasitas, sel yang disiapkan untuk narapidana pindahan dari Siak ini, tetap akan disatukan dengan tahanan yang lain.

"Trip pertama yang 79 orang ini akan kita bagi 2 kelompok, 2 kamar. Tidak akan kita berikan untuk akses ke kamar lain. Untuk bloknya di Alfa (A) semuanya," terangnya.

Seperti yang diketahui, pasca kerusuhan yang terjadi di Rutan Klas II A Siak, Riau, Sabtu 11 Mei 2019 dinihari tadi, dari total 600 lebih narapidana yang ada, sekitar 153 narapidana berhasil kabur. Sedangkan 495 diantaranya memilih bertahan di rutan.