Menteri Yasona Laoly Dijadwalkan Tinjau Rutan Klas II B Siak Senin Esok

Menteri Yasona Laoly Dijadwalkan Tinjau Rutan Klas II B Siak Senin Esok

12 Mei 2019
Menkum-HAM RI, Yasona Laoly

Menkum-HAM RI, Yasona Laoly

RIAU1.COM - Kerusuhan dan pembakaran Rutan Klas II B Siak, Riau, Sabtu 11 Mei 2019 dinihari kemarin akhirnya direspon Menteri Hukum dan HAM (Menkum-HAM) RI, Yasona Laoly.

Ia pun berencana berkunjung ke Negeri Istana Matahari Timur itu, Senin 13 Mei 2019 esok untuk melihat langsung kondisi Rutan Klas II B Siak pasca kerusuhan dan pembakaran tersebut.

Hal itu pun dibenarkan Karo Humas, Protokol dan Kerjasama Setdaprov Riau, M Firdaus saat dihubungi melalui selularnya, Ahad 12 Mei 2019.

"Infonya seperti itu.. Senin pagi beliau datang ke Pekanbaru terus ke Siak," ujar Firdaus kepada Riau1.com (Riau24 Group).

Menyoal siapa yang akan mendampingi Menkum-HAM RI meninjau Rutan Klas II B Siak, Firdaus mengaku belum mengetahui secara pasti.

"Rencananya ke rutan Siak. Yang dampingi beliau kami belum dapat info apakah Gubri atau Wagubri," sebutnya.

Seperti yang diketahui, pasca kerusuhan dan pembakaran yang mengakibatkan 150 narapidana melarikan diri, tercatat hingga Sabtu malam kemarin, ada 14 narapidana Rutan Klas II B Siak yang masih diburu aparat kepolisian.

Dari total 600 lebih narapidana Rutan Klas II B Siak, sebagian telah dievakuasi ke sejumlah rutan dan lapas yang ada di Riau, diantaranya Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kampar.

Untuk mempersempit ruang gerak belasan narapidana yang masih melarikan diri, jajaran Polres di daerah berbatasan dengan Siak, seperti Pekanbaru, Pelalawan, Dumai dan Bengkalis melakukan razia di pintu masuk.