Polda Riau Kerahkan 290 Personel Gabungan Buru Napi Rutan Siak yang Masih Kabur

Polda Riau Kerahkan 290 Personel Gabungan Buru Napi Rutan Siak yang Masih Kabur

12 Mei 2019
Ratusan napi Rutan Siak tiba di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru, Sabtu malam

Ratusan napi Rutan Siak tiba di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru, Sabtu malam

RIAU1.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengerahkan 290 personel gabungan untuk memburu belasan narapidana Rutan Klas II B Siak yang masih 'berkeliaran' setelah kabur saat kerusuhan, Sabtu 11 Mei 2019 dinihari kemarin.

"Ratusan personel Polri itu, terdiri dari Brimob, Polres Siak dan personel jajaran Polda Riau. Kita juga dibantu 30 personel TNI yang saat ini tengah menyisir dan mencari tahanan Rutan Siak yang kabur," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto.

Sunarto menuturkan, dari seratusan narapidana yang sudah berhasil ditangkap kembali, sejauh ini masih ada sekitar 14 narapidana Rutan Siak yang masih melarikan diri. "Itu update sampai malam ini," sebutnya.

Sementara itu, pasca kerusuhan dan pembakaran yang mengakibatkan Rutan Siak tidak bisa lagi digunakan, ratusan narapidana telah dievakuasi ke sejumlah rutan dan lapas yang ada di Riau.

Sekitar 615 narapidana dievakuasi ke beberapa rutan dan lapas yang ada di Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Bengkalis dan juga Kota Dumai.

Untuk di Kota Pekanbaru sendiri, oara narapidana dievakuasi ke Rutan Sialang Bungkuk sebanyak 130 orang, serta beberapa warga binaan anak-anak dan perempuan di Lapas Perempuan dan Anak.

Selain itu, pasca kerusuhan di Rutan Klas II B Siak itu, Polresta Pekanbaru, Kombes Pol Susanto mengerahkan personelnya untuk melakukan razia di pintu masuk Pekanbaru, untuk mempersempit ruang gerak narapidana.