Meloloskan Diri, 14 Napi Masih Diburu Pasca Kerusuhan di Rutan Siak

Meloloskan Diri, 14 Napi Masih Diburu Pasca Kerusuhan di Rutan Siak

11 Mei 2019
Proses evakuasi napi dan tahanan pasca kerusuhan di Rutan Siak

Proses evakuasi napi dan tahanan pasca kerusuhan di Rutan Siak

RIAU1.COM -Sebanyak 14 orang narapidana yang mendiami Rutan Klas II B Kabupaten Siak, Riau dinyatakan belum ditemukan, pasca pecahnya kerusuhan hingga pembakaran Rutan pada Sabtu 11 Mei 2019 dini hari tadi.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Sunarto pada Sabtu malam menjelaskan, sebanyak 14 narapidana sampai saat ini belum ditemukan. "Itu update sampai malam ini," kata Sunarto.

Kepolisian pun masih melakukan pencarian. Sementara ratusan narapidana dan tahanan Rutan Siak lainnya kini telah dievakuasi demi keamanan.

"Tahanan dan Napi yang sudah dievakuasi ke Lapas terdekat sebanyak 615 orang, kita bawa ke Pekanbaru, Kampar, Bengkalis dan Dumai. Kita libatkan personel Brimob juga," yakinnya.

Diketahui, warga binaan penghuni Rutan Siak tercatat berjumlah 648 orang, dengan rincian 610 orang pria, 12 anak-anak dan 26 perempuan. Dari jumlah tersebut, tinggal 14 orang lainnya yang sampai sekarang belum diketemukan. 

Dalam kericuhan itu, napi membakar Rutan Kabupaten Siak. Ini diduga dipicu perlakuan kasar oleh petugas Rutan terhadap mereka, setelah ada yang tertangkap mengonsumsi Narkoba jenis Sabu.