Satgas Karlahut Tim 5 Kodim 0313 Kampar Patroli di Desa Rantau Berangin

Satgas Karlahut Tim 5 Kodim 0313 Kampar Patroli di Desa Rantau Berangin

23 Juli 2019
Satgas Karlahut Tim 5 saat melakukan patroli karlahut di Desa Rantau Berangin

Satgas Karlahut Tim 5 saat melakukan patroli karlahut di Desa Rantau Berangin

RIAU1.COM - Desa Rantau Berangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau menjadi salah satu desa yang rawa terjadi kebakaran lahan dan hutan (karlahut).

Mengantisipasi kembali terjadinya karlahut, Satgas Karlahut Kodim 0313/KPR melakukan pengecekan ke posko karlahut Desa Rantau Berangin, Selasa 23 Juli 2019.

Ketua Satgas Karlahut Tim 5, Serka Nauzar mengatakan, dengan adanya Satgas Karlahut ini, lebih memudahkan masyarakat untuk memberikan informasi jika terjadi kebakaran.

"Sehinga, Satgas dapat mengambil langkah-langkah, tindakan agar kebakaran tidak meluas. juga mengingatkan masyarakat, untuk tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan bertani dan berkebun," ujarnya.

Serka Nauzar menuturkan, wilayah Desa Rantau Berangin dekat dengan kegiatan TMMD ke-105 Kodim 0313/KPR yang sedang berlangsung, kalau terjadi karlahut, dapat mengangu pekerja TMMD.

"Jadi selain membuat posko, Satgas Karlahut juga melaksanakan patroli di sekitar Cagar Alam Bukit Bungkuk," terangnya.

Sementara itu, Danramil 01/BKN, Mayor Inf Andri Suardi meyampaikan kepada seluruh personel, terutama Babinsa agar senantiasa terjun langsung jika terjadi karlahut.

"Babinsa yang merupakan ujung tombak Kodim 0313/KPR juga harus menjaga kekompakan serta jaga faktor keamanan, dan hubungan yang baik dengan masyarakat," pungkasnya.